Kompas TV regional berita daerah

Pro-Kontra Kebijakan Baru SNBP dan SNBT di Kalangan Siswa SMA

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 12:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kebijakan masuk perguruan tinggi negeri selalu berubah-ubah, hal ini menuai pro dan kontra dikalangan masyarakat, tak terkecuali para siswa setingkat SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Seperti diketahui, tes masuk perguruan tinggi selalu berubah nama, mulai dari UMPTN serta PMDK dan sekarang bernama Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Sejumlah siswa SMA mengaku sudah mengetahui terkait perubahan tersebut, seperti Mahdia Naura, Siswa SMA Negeri 11 Kota Semarang, Jawa Tengah, hal yang menurutnya cukup mengagetkan adalah SNBP.

Jika dulu untuk bisa masuk perguruan tinggi hanya perlu fokus pada mapel pendukung jurusan yang diinginkan, namun sekarang harus dengan SNBP atau menggunakan 50 persen seluruh mapel dan 50 persen mapel pendukung jurusan yang dituju, serta bisa juga didukung dengan prestasi lain baik akademik maupun non akademik.

Menurutnya ada untung rugi dalam aturan baru ini, dia memberi contoh keuntungannya adalah apabila sudah sejak awal mengetahui aturan ini maka bisa mempersiapkan mengejar nilai semua mapel, namun ruginya jika tidak mengetahui sejak awal, sehingga tidak ada persiapan matang di semua mapel.

“Cukup mengagetkan ya terutama untuk SNBP yang menggunakan 50 persen nilai seluruh mapel dan 50 persen nilai mapel pendukung masing-masing jurusan. Ini sangat berbeda dengan SNMPTN yang hanya menggunakan nilai mapel pendukung jurusan untuk mendaftar ke perguruan tinggi,“ kata Mahdia.

Siswa lain, Callysta Aliya Devina justru mengaku terbantu dengan aturan tersebut karena ia bisa mengambil program studi kuliah lintas jurusan.

“Karena saya ingin memilih prodi lintas jurusan ya jadi kebijakan ini sangat menguntungkan saya karena melalui jalur SNBP saya bisa mendaftar ke prodi lintas jurusan tersebut,“ ujar Callysta.

SNBP dan SNBT adalah jalur dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) untuk masuk perguruan tinggi negeri pada 2023.

#perguruantinggi #snbp #snbt



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x