Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo dan Cak Imin Bertemu Empat Mata Hari Ini, Apakah Ada Pengumuman Capres-Cawapres?

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 06:28 WIB
prabowo-dan-cak-imin-bertemu-empat-mata-hari-ini-apakah-ada-pengumuman-capres-cawapres
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berpose untuk media usai mendaftar bersama untuk calon partai politik peserta pemilu 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (8/8/2022). (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang digagas Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber) pada Senin (23/1/2023). 

Adapun, peresmian itu akan berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB. Lokasi sekber pun sudah ditetapkan di Jalan Ki Mangunsarkoro nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Pekan Ini, Cak Imin Akan Bertemu dengan Prabowo Bahas Hasil Ijtima Ulama Nusantara

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan melangsungkan pertemuan empat mata dalam agenda tersebut. 

“Cak Imin dan Pak Prabowo memang diagendakan ngobrol empat mata di sela acara peresmian Sekber Gerindra-PKB besok. Kami berharap pertemuan dua pimpinan partai akan memberikan hasil maju terkait kerja sama politik Gerindra-PKB dalam Pemilu 2024,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda seperti dikutip dari Tribunnews.com, Minggu (22/1/2023).

Huda mengatakan kerja sama politik Gerindra dan PKB secara subtantif hampir tidak menemui kendala.

Dua partai ini secara ideologis saling melengkapi, bentuk kerja sama telah disepakati dalam piagam deklarasi, hingga komunikasi intensif antar dua belah pihak terus dilakukan dalam beberapa waktu terakhir.

“Saat ini tinggal satu kesepakatan saja yang masih belum dilakukan yakni siapa figur calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kedua belah pihak dalam Pemilu 2024,” katanya.


 

Huda berharap pertemuan empat mata Cak Imin dan Prabowo akan membicarakan persoalan tersebut.

Sebab dua figur itulah yang berdasarkan piagam koalisi mempunyai otoritas untuk menentukan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh Gerindra dan PKB dalam Pemilu 2024.

“Kami berharap secepatnya kedua pimpinan partai menyepakati figur capres dan cawapres Gerindra-PKB sehingga langkah-langkah pemenangan akan secepatnya bisa disusun dan dilaksanakan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono menjelaskan, peresmian Sekber tersebut merupakan bagian dari rangkaian program dan komitmen koalisi yang sudah resmi terbentuk antara Gerindra dan PKB sejak beberapa bulan lalu.

Kerja sama politik itu terbentuk, dimulai dari penandatanganan Piagam Deklarasi Koalisi, hingga berbagai rangkaian pertukaran kunjungan antar kedua ketua umum dalam acara resmi masing-masing partai.

Baca Juga: Partai Gerindra dan PKB Akan Resmikan Sekber Pada 23 Januari

”Makna dari Sekber ini juga adalah untuk menunjukkan kedudukan yang sejajar dalam perumuskan idelogi, strategi, dan arah pembangunan bangsa secara bersama-sama, dengan melibatkan seluruh struktur kedua partai dari tingkat pusat hingga daerah,” ucap Budi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.