Kompas TV nasional kesehatan

Begini Cara Cek Lokasi Vaksinasi Covid Booster Kedua untuk Umum di Jakarta

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 20:09 WIB
begini-cara-cek-lokasi-vaksinasi-covid-booster-kedua-untuk-umum-di-jakarta
Seorang petugas kesehatan menyuntikkan vaksin booster Pfizer kepada seorang pria di sebuah pusat vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Kamis, 20 Januari 2022. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 booster kedua untuk masyarakat umum pada Selasa (24/1/2023) depan. Berikut cara cek lokasi vaksinasi booster kedua untuk umum di wilayah DKI Jakarta melalui aplikasi JAKI dan laman corona.jakarta.go.id.

Vaksinasi booster kedua untuk umum dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua.

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Syahril, masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin booster kedua kini tak perlu lagi menunggu tiket atau undangan. 

Masyarakat sekarang bisa langsung datang ke lokasi vaksinasi booster terdekat tanpa menunggu tiket. 

"Dalam satu sampai dua minggu ke depan, masyarakat usia lebih dari 18 tahun sudah dapat vaksinasi booster kedua tanpa menunggu tiket atau undangan," kata Syahril, Jumat (20/1/2023), dikutip dari laman Kemenkes.

Di DKI Jakarta sendiri sudah ada 300 lokasi vaksinasi booster yang bisa didatangi oleh masyarakat. 

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama mengatakan 300 titik lokasi vaksinasi booster tersebut menyediakan vaksin dosis keempat atau booster kedua menggunakan vaksin Pfizer dan Zififax.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Divaksin Booster Kedua

Nantinya, layanan vaksinasi di puskesma kecamatan untuk malam hari juga bakal terus diadakan.

"Layanan vaksinasi sore dan malam hari di 44 puskesmas kecamatan juga dilanjutkan terus," sebut Ngabila, Minggu (22/1/2023), dikutip dari Kompas.com.

Ngabila menambahkan, vaksin Covid-19 di DKI Jakarta tersedia di sejumlah lokasi publik seperti Taman Lapangan Banteng yang tersedia Senin-Minggu setiap jam 09.00-12.00 WIB. 

Sementara itu, untuk syarat mendapatkan vaksin booster kedua atau vaksin Covid-19 dosis keempat tidaklah ribet, cukup menunjukkan KTP. 

Cara Cek Lokasi Vaksinasi Booster

Bagi warga DKI Jakarta yang ingin mendapatkan vaksin booster kedua atau dosis keempat, bisa melakukan cek lokasi vaksin terdekat melalui aplikasi JAKI - Jakarta Kini atau laman corona.jakarta.go.id.

Baca Juga: Warga Lansia Mulai Disuntik Vaksin Booster Kedua

Berikut cara mengecek lokasi vaksinasi melalui JAKI:

  • Download dan login aplikasi JAKI
  • Selanjutnya buka fitur "Pendaftaran vaksinasi" di JAKI
  • Masukkan nama dan NIK
  • Pilih jadwal vaksinasi
  • Ketik nama faskes atau kecamatan tempat tinggal guna melihat lokasi vaksinasi terdekat

Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga bisa mengecek lokasi vaksinasi booster kedua lewat situs corona.jakarta.go.id.

Berikut caranya: 

  • Buka situs corona.jakarta.go.id
  • Klik menu "vaksinasi" dan pilih "Kuota Vaksinasi JAKI"
  • Selanjutnya gunakan filter lokasi wilayah, kecamatan atau kelurahan untuk melihat lokasi vaksinasi di area yang diinginkan. 

Baca Juga: Perkuat Kekebalan Komunal Dengan Vaksin Booster Pasca Pencabutan PPKM


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.