Kompas TV olahraga badminton

India Open 2023: Dua Wakil China Tiba-Tiba Mundur, Apa Penyebabnya?

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 17:23 WIB
india-open-2023-dua-wakil-china-tiba-tiba-mundur-apa-penyebabnya
Pasangan ganda campuran China, Wang Yu Lyu (kiri), dan Huang Dong Ping, saat bertanding melawan Kim Won Ho dan Jeong Na Eun dari Korea Selatan dalam semifinal India Open 2023 di New Delhi, India, Sabtu, 21 Januari 2023. (Sumber: AP Photo/Altaf Qadri)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

 

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Dua wakil China yang seharusnya berlaga di final India Open 2023, hari ini, Minggu (22/1/2023), ganda campuran Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dan ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, tiba-tiba menyatakan mundur. Apa penyebabnya? 

Dalam pernyataan resmi Badminton World Federation (BWF), para wakil China itu mengalami sakit yang membuat mereka tidak bisa bertanding hari ini. 

Wang/Huang dan Chen/Jia dilaporkan terserang diare yang membuat kedua pasangan itu mundur dari pertandingan final India Open 2023.

"Ada dua pengunduran diri yang keduanya melibatkan pasangan China pada babak final India Open akibat masalah kesehatan," tulis BWF. 

"Wang Yi Lyu, yang akan bermain di final ganda campuran dengan Huang Dong Ping, dan Chen Qing Chen, yang akan bermain di final ganda putri dengan Jia Yi Fan, dilaporkan sakit karena diare dan mengundurkan diri dari pertandingan masing-masing."

Dengan mundurnya dua pasangan China ini, lawan mereka di laga final India Open 2023 dipastikan meraih gelar juara tanpa mengeluarkan keringat. 

"Sebagai hasilnya, Yuta Watanabe/Arisa Higashino memenangi gelar juara ganda campuran, sementara Nami Matsuyama/Chiharu Shida memenangi gelar juara ganda putri," pungkas BWF. 

Baca Juga: India Open 2023: Tersingkir di Perempat Final, The Minions Mengaku Kalah Stamina

Tidak tampilnya dua wakil mereka di final India Open 2023 membuat China gagal merebut status juara umum di turnamen World Tour Super 750 itu. 

Meski begitu, Negeri Tirai Bambu masih mengamankan satu gelar dari sektor ganda putra lewat pasangan Liang Wei Keng/Wang Chang. 

Liang/Wang menjadi juara setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dalam pertarungan rubber game 14-21, 21-19 dan 21-18.

Sementara itu, dari sektor tunggal putri, An Se Young asal Korea Selatan, sukses meraih gelar juara usai menaklukkan pemain putri nomor satu dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi, 15-21, 21-16 dan 21-12.

Saat ini, final India Open 2023 di sektor tunggal putra masih berlangsung yang mempertemukan jagoan Denmark, Viktor Axelsen melawan wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn. 

Baca Juga: BWF Rilis Peringkat Pebulu Tangkis Terbaru, Fajar dan Rian di Posisi Ganda Putra Nomor 1 Dunia!


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x