Kompas TV nasional hukum

Kronologi Jemaah Umrah Sulsel Dituding Lecehkan Perempuan di Mekkah hingga Divonis Dua Tahun Penjara

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 15:05 WIB
kronologi-jemaah-umrah-sulsel-dituding-lecehkan-perempuan-di-mekkah-hingga-divonis-dua-tahun-penjara
Jemaah melakukan tawaf yaitu mengelilingi Kabah, di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Minggu, 10 Juli 2022. (Sumber: AP Photo/Amr Nabil)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JEDDAH, KOMPAS.TV - Jemaah umrah asal Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) berinisial MS (26), divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Arab Saudi dalam kasus pelecehan di Mekkah.

Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel Mawardi Siradj membenarkan ada seorang jemaah umrah asal Pangkep yang dihukum penjara dua tahun di Arab Saudi.

"Saya tidak bisa terlalu berkomentar terkait itu. Tapi silakan dengarkan rekaman suara Juru bicara Konjen RI di Jeddah Ajad Sudrajad saat melakukan klarifikasi terkait kasus tersebut," katanya, Minggu (22/1/2023), dilansir Kompas.com.

Agen umrah yang membawa jemaah tersebut pun menerangkan kronologi kejadian yang menimpa MS.

Direktur Utama PT Annimah Bulaeng Wisata Nimawaty Natsir mengatakan pada Kamis, 10 November 2022 lalu, MS bersama rombongan keluarganya sedang melaksanakan tawaf dan hendak mencium hajar aswad di sekitar Ka'bah.

Tiba-tiba dua polisi mengamankan MS dengan tuduhan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan Lebanon di dekat Ka'bah.

"Kami selaku pihak biro perjalanan (travel) telah melakukan segala upaya guna mendampingi sepenuhnya juga melakukan koordinasi bersama dengan pihak Muassasah yang bertanggung jawab di Saudi Arabia," kata Nimawaty, seperti dilansir Kompas.com, Minggu.

Baca Juga: Kemenag: Usulan BPIH 2023 Sudah Perhitungkan Penurunan Paket Layanan Haji dari Pemerintah Arab Saudi

Juru bicara Konjen RI di Jeddah, Ajad Sudrajad, menjelaskan, hakim mendasarkan putusannya pada keterangan korban dan dua petugas keamanan Arab Saudi di Masjidil Haram.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x