Kompas TV regional peristiwa

Densus 88 Gerebek Rumah Terduga Teroris di Sleman, Penggeledahan hingga Eternit

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 14:17 WIB
densus-88-gerebek-rumah-terduga-teroris-di-sleman-penggeledahan-hingga-eternit
Rumah di Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta yang digerebek oleh Densus 88 Antiteror beserta Gegana, Minggu (22/1/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Densus 88 Antiteror beserta Tim Gegana melakukan penggerebekan di rumah salah satu terduga teroris di Pandowoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (22/1/2023).

Proses penyisiran masih dilakukan oleh pihak terkait di rumah yang dikontrakkan oleh terduga teroris.

Densus 88 melakukan penyisiran hingga eternit rumah tersebut karena diduga menjadi tempat penyimpanan barang mencurigakan.

Berdasarkan pantauan Kompas TV di lapangan, beberapa barang milik terduga teroris seperti perangkat elektronik, senjata tajam, catatan-catatan, hingga sejumlah pakaian, disita.

Sementara sekitar lingkungan kampung telah disterilisasi oleh Polres Sleman bersama Polda DI Yogyakarta.

Kasus ini masih dikembangkan pihak berwajib. Ada kemungkinan terdapat tempat kejadian perkara (TKP) lain di luar Pandowoharjo.

Penghuni rumah saat ini masih dimintai keterangan oleh pihak Densus 88. Belum bisa dipastikan apakah pria yang diperiksa yang bernama Agus Wijayanto adalah pemilik atau penghuni rumah tersebut.

Baca Juga: Tim Jibom Brimob Polda DIY Ledakkan Dua Bom Rakitan di Sleman, Ada Penangkapan Terduga Teroris?

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah DI Yogyakarta Kombes Yuliyanto menyatakan belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait penggerebekan ini.

"Kami belum bisa memberikan penjelasan banyak karena dilakukan langkah-langkah oleh Densus 88 sehingga kami informasi masih terbatas," jelasnya kepada Kompas TV, Minggu.

Namun, ia menegaskan, kegiatan ini merupakan langkah Polri dalam rangka pencegahan tindak terorisme.

"Polda DIY ini kapasitasnya membantu pelaksanaan dari kegiatan yang dilakukan Densus 88. Ini adalah keberhasilan Polri dalam melakukan pencegahan terkait upaya tindak teroris ini," lanjutnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu khawatir atas peristiwa ini.

Sebelumnya diberitakan tim penjinak bom (jibom) Gegana Satuan Brimob Polda DIY meledakkan dua bom rakitan yang diamankan dari rumah diduga ditempati tersangka Agus Wijayanto di Pandowoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (22/1/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima KOMPAS.TV, dua bom rakitan tersebut ditemukan di rumah itu. Sumber di lapangan menyebutkan, Agus diduga terafiliasi dengan kelompok teroris.

Peledakan dilakukan pada pukul 11.30 WIB dengan keterangan satu bom berhasil diledakkan. Sementara satu bom meledak dengan tidak sempurna.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x