Kompas TV regional berita daerah

Presentase Uji Publik Papua Barat Daya Miliki Enam Dapil

Kompas.tv - 21 Januari 2023, 16:54 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Jelang Pemilihan Umum 2024 mendatang, sejak dini KPU melaksanakan  uji publik rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPR Papua Barat Daya, sesuai dengan lampiran perpu nomor satu tahun 2022, bersama sejumlah partai politik dan perwakilan tokoh adat serta tokoh masyarakat dan akademisi.

Dalam uji publik tersebut dipresentasikan untuk Papua Barat Daya memiliki enam dapil, yang terdiri dari Kota Sorong terdapat dua dapil, Kabupaten Sorong satu dapil, Kabupaten Raja Ampat satu dapil, Kabupaten Sorong Selatan satu dapil dan Kabupaten Tambrauw Maybrat satu dapil.

Dengan hasil uji publik ini sejumlah partai politik memberikan komentar, salah satunya PDIP yang meminta agar penetapan ini perlu dilakukan secara bersama, agar segala saran dan tanggapan dapat diakomodir, mengingat ada beberapa pertimbangan diantaranya letak geografis yang otomatis akan berdampak pada pembiayaan yang cukup besar. 

Sementara itu Wakil Sekretaris Golkar Papua Barat, mengatakan partai Golkar mendukung dengan pelaksanaan uji publik penentuan dapil Papua Barat Daya, mengingat ini merupakan aturan yang harus dilaksanakan, jika nantinya ditemukan adanya perubahan, maka perlu dilakukan sosialisasi secepatnya.

Kpu Papua Barat Daya akan menyampaikan segala masukan dan alasan yang disampaikan oleh partai politik, tokoh masyarakat serta akademisi kepada pimpinan pusat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x