Kompas TV nasional wisata

Bertepatan Imlek, Ratusan Wisatawan asal China Tiba di Bali, Februari Berbondong-bondong ke Manado

Kompas.tv - 21 Januari 2023, 12:30 WIB
bertepatan-imlek-ratusan-wisatawan-asal-china-tiba-di-bali-februari-berbondong-bondong-ke-manado
Foto ilustrasi. Sebanyak 210 wisatawan asal China akan tiba di Bali pada Minggu (22/1/2023) atau bertepatan dengan hari raya Imlek 2023, menggunakan menggunakan maskapai Lion Air dari Shenzhen. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Fikri Yusuf/rwa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 210 wisatawan asal China akan tiba di Bali pada Minggu (22/1/2023), menggunakan menggunakan maskapai Lion Air dari Shenzhen.

Rencana kedatangan wisatawan asal China tersebut yang bertepatan dengan Tahun Baru China atau Imlek 2023 diketahui dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Jumat (20/1/2023), menyebut Bali, masih menjadi salah satu top of mind mereka.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Wisatawan di Yogyakarta Inginkan Sushi Salmon Mentai, Netizen Heboh

"Menurut data Online Travel Agent (OTA) di Tiongkok, terjadi peningkatan volume pencarian destinasi wisata di luar negeri sebesar 430 persen, dan Indonesia masuk dalam top 5 pencarian, serta volume pencarian Bali meningkat 250 persen," kata Sandiaga Uno, dikutip dari Kompas.com.

Diharapkan, kedatangan kembali wisman asal China tersebut dapat mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara Indonesia pada 2023, yakni sebesar 3,5 juta-7,4 juta kunjungan.

Adapun target jumlah kunjungan wisman asal China antara 120.700-255.300 kunjungan. 

"Tiongkok sendiri merupakan salah satu negara pasar terbesar untuk pariwisata di Indonesia," tutur Sandiaga.

Dikatahui, Pemerintah China mencabut pembatasan perjalanan internasional pada 8 Januari 2023.

Setelah aturan itu diberlakukan, warga China berbondong-bondong memesan tiket keluar negeri.

Kata Sandiaga, penerapan pprotokol kesehatan yang ketat dan disiplin sangat penting guna memastikan pelaksanaan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif.




Sumber : Kompas TV, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.