Kompas TV nasional budaya

Mengapa Shio Gunakan Simbol Hewan? Begini Legenda Asal Usulnya

Kompas.tv - 21 Januari 2023, 11:20 WIB
mengapa-shio-gunakan-simbol-hewan-begini-legenda-asal-usulnya
Ilustrasi - Legenda asal usul shio atau zodiak China. (Sumber: www.nowshenzhen.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV - Dalam kepercayaan Tionghoa, tahun lahir dikelompokan sesuai dengan shio-nya atau zodiak China. Nama-nama shio ini diambil dari nama-nama hewan.

Pemilihan nama hewan tidak terjadi begitu saja. Ada legenda panjang dibalik budaya tersebut.

Sebagaimana diketahui, Tahun Baru Imlek 2023 ini merupakan shio Kelinci Air. Dalam perayaan Imlek selalu disambut dengan meriah.

Banyak dekorasi serba merah yang menghiasi jalanan kota saat perayaan Imlek. Yang tak kalah menarik dari Imlek adalah mengenai shio. Setiap mendekati Imlek, berbagai ramalan berdasarkan shio pun ramai diperbincangkan.

Menurut salah satu legenda yang beredar, menyadur dari laman Kompas.com, asal usul sistem astrologi China ini disebut beberapa cendikiawan masuk lewat jalur sutra.

Karakter hewan dalam 12 shio itu dibawa ke China pada waktu yang sama dengan berkembangnya agama Buddha. Karakter binatang ini adalah subjek dari beberapa versi legenda zodiak China.

Legenda Kaisar Giok

Menurut mitosnya, Kaisar Giok di hari ulang tahunnya menyelenggarakan lomba untuk sekelompok hewan yang hasilnya menentukan urutan zodiak China.

Cara unik hewan-hewan menyeberang sungai mencerminkan karakter masing-masing dan mempengaruhi sifat kepribadian siapapun yang lahir di bawah tanda mereka.

Sebagai contoh, tikus yang cerdik dan licik datang pertama kali ke perlombaan setelah menunggang sapi.

Baca Juga: Makna Dibalik Makanan-Makanan Khas Imlek yang yang Sering Disajikan

Ular yang licik menyelesaikan balapan di depan kuda yang gelisah karena telah meringkuk di sepanjang kuku kuda tersebut, dan menakuti kuda hingga ragu-ragu sebelum mencapai garis finish.



Sumber : Kompas TV, China Highlight, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x