Kompas TV nasional peristiwa

Serial Killer Wowon Cs, Ini Analisis Psikolog Forensik soal Kejiwaan Pelaku

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 18:53 WIB
serial-killer-wowon-cs-ini-analisis-psikolog-forensik-soal-kejiwaan-pelaku
Kolase tiga tersangka pembunuhan berencana di Bekasi dan Cianjur, Dede Solehudin (kiri), Wowon Erawan (tengah), dan Solihin alias Duloh (kanan). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus pembunuhan berantai di Bekasi dan Cianjur memunculkan nama Wowon Cs sebagai tersangka. Serial killer Wowon Cs yang menyita perhatian publik ini pun direspons psikolog forensik Reza Indragiri.

Menurut Reza, sekalipun tersangka belum pernah keluar masuk lembaga pemasyarakatan (lapas), akan tetapi dalam penilaian pengulangan perbuatan jahat bisa disebut residivis. Ia menyebutkan dalam cap residivisi ada delapan faktor yang bisa ditelaah.

Baca Juga: Fakta Pembunuhan Berantai Bekasi-Cianjur, Korban Dikubur di Rumah Solihin dan Wowon!

Empat faktor dominan, meliputi, riwayat kejahatan yang berarti pelaku sudah pernah melakukan kejahatan dan tingkat kefasihan dalam melakukan aksinya meningkat. Faktor dominan kedua adalah semua tersangka memiliki pola kepribadian antisosial.

“Namun, saya tetap berasumsi mereka orang yang waras normal sehat dalam kasus ini karena sedang menjalani pemeriksaan secara hukum,” ujarnya dalam dialog Kompas Petang Kompas TV, Jumat (20/1/2023).

Faktor dominan ketiga adalah para tersangka mengembangkan pro kejahatan yang menjadikan kejahatan sebagai solusi dari masalah. Keempat, para tersangka dalam satu keluarga yang mendukung relasi menyimpang, misal salah satu tersangka yang menikahi anak mantan istrinya.


 

Reza juga berpendapat pola kepribadian antisosial kebanyakan memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Artinya, wajar jika tersangka selama ini tidak dicurigai oleh lingkungan sekitar karena mereka memiliki kecerdasan ditambah tingkat kefasihan meningkat akibat perbuatan yang berulang.

“Jadi bukan hal istimewa kalau para tersangka bisa mengelabuhi lingkungan sekitar,” ucapnya.

Baca Juga: Wowon Pembunuh Berantai di Bekasi hingga Cianjur Miliki 6 Istri, 3 di Antaranya Tewas Dibunuh



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x