Kompas TV regional berita daerah

Penerimaan Zakat Turun, Baznas Kota Malang Berharap Tahun Ini Ada Peningkatan

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 17:45 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Badan Amil Zakat Nasional Kota Malang mencatat adanya penurunan zakat yang diterima oleh Baznas. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Baznas Kota Malang Sulaiman, saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Kota Malang Kamis (19/01/2023). Di tahun 2022 kemarin penerimaan zakat di Baznas Kota Malang sebesar Rp 700 juta. Sedangkan di tahun yang sama, Baznas telah menyalurkan bantuan sebesar Rp 2,4 miliar.

Mengawali tahun 2023 ini, Baznas telah menyalurkan bantuan sebesar Rp 760 juta kepada masyarakat. Sulaiman mengatakan untuk mendukung pengumpulan zakat, berbagai upaya dilakukan termasuk menggandeng ASN di lingkungan Pemkot Malang. 

Selain itu menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas yang mengelola dana umat juga terus dilakukan, salah satunya dengan transparansi pengelolaan dana.

"3,5 miliar setiap tahun kita himpun, tapi 2022 penurunan drastis ada sesuatu hal yang menyebabkan penurunan," Kata Sulaiman.

Sementara itu Sekda Kota Malang Erik Setyo menyebut, peran Baznas selama ini cukup membantu Pemkot Malang dalam penanganan masalah dan pembangunan di masyarakat, khususnya yang membutuhkan penanganan secara cepat.

"Seperti di Kota Malang teridentifikasi banyak masyarakat yang butuh bantuan secara cepat, dimana mekanisme penganggaran di Pemkot tidak bisa hadir cepat. Baznas bisa menjadi mitra efektif," terangnya. 

Dengan transparansi pengelolaan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat. Baznas berharap di tahun 2023 ini penerimaan zakat kembali meningkat, sehingga penyaluran bantuan kepada masyarakat bisa lebih maskimal.

#baznaskotamalang #zakatmalang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x