Kompas TV regional berita daerah

Tiga Jalur Satwa di Tol Aceh, Jalur Primata, Reptil dan Jalur Lintasan Gajah

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Tol Sibanceh diperkirakan akan dapat beroprasi secara menyeluruh pada bulan September 2023 mendatang. Untuk perlintasan gajah dengan struktur konstruksi jembatan tersebut dibuat khusus seperti terowongan dan jembatan.

Pengerjaan jembatan ini sudah sampai pada tahap diafragma dan lantai atau sudah mencapai 70 persen. Pembangunan jalur lintas gajah dan satwa ini juga bertujuan untuk tetap menjaga serta melestarikan habitata satwa yang ada di wilayah tersebut, sehingga pembangunan jalan tol juga tidak hanya dirasakan manfaat oleh manusia, namun juga satwa itu sendiri.

Untuk perlintasan reptil sendiri, Hutama Karya menggunakan produk beton tulang pracetak berbentuk segi empat yang sudah dimodivikasi, dimana pada struktur lantai sendiri dibuat berbentuk huruf V. Sedangkan untuk primata dibuat dengan kontruksi jembatan kanopi jaring, serta ada tiang penyangga yang dilintasi tali pada dua sisi jalan.

Selain untuk menjaga habitat satwa yang berada dikawasan Lembah Selawah, Aceh Besar. Masyarakat yang melintas  nantinya juga bisa melihat langsung gajah Sumatra serta satwa lain seperti primata jika beruntung saat melewati jalan tol dikawasan tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.