Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Simak Jadwal Perayaan Imlek di Solo, Ada 5.000 Lampion, Pesta Kembang Api, Hingga Pawai Barongsai

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 13:56 WIB
simak-jadwal-perayaan-imlek-di-solo-ada-5-000-lampion-pesta-kembang-api-hingga-pawai-barongsai
Potret hiasan lampion tersebar dari Jalan Jendral Sudirman hingga Jalan Urip Sumoharjo, Kota Solo Jawa Tengah saat perayaan Imlek 2023. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV- Tahun Baru Imlek 2023 atau 2574 (tahun China) dirayakan di berbagai kota di Indonesia, salah satunya adalah Solo atau Surakarta.

Perayaan yang paling mudah terlihat adalah hiasan 5.000 lampion yang dipasang  di Jalan Urip Sumoharjo dan Jenderal Sudirman Plaza Balai Kota Surakarta, mulai tanggal 10 Januari hingga 5 Februari mendatang.

Ketua Panitia Imlek 2023 Kota Solo, Sumartono Hadinoto, mengatakan, perayaan Imlek di Solo tahun ini akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya yang masih pandemi COVID-19.


 

"Perayaan Tahun Baru Imlek 2022, dirayakan sederhana karena masih pandemi dengan memasang 1.000 lampion, tahun ini meningkat ada 5.000 lampion yang menghiasi pusat Kota Surakarta," kata Sumartono seperti dikutip dari Antara, Jumat (20/1/2023). 

Baca Juga: Ingat Ya! Cuti Bersama Imlek Senin 23 Januari Tidak Wajib untuk Pekerja Swasta

Selain memasang ribuan warna merah dan kuning, Pemkot Solo juga memasang lampion 12 Shio, lampion Kelinci sebagai maskot, lampion Dewa Rejeki, barongsai, Jileyhud, lampion lilin, dan Gapura Imlek di kawasan Pasar Gede Solo.

"Lampion-lampion itu akan menghiasi Jalan Urip Sumoharjo atau kawasan Pasar Gede dan Jalan Jenderal Sudirman di kawasan Bundaran Gladag hingga Balai Kota Surakarta," ujar Sumartono.

Perayaan Imlek di Solo juga akan dimeriahkan Grebek Sudiro di kawasan Pasar Gede, yang menggambarkan akulturasi atau penggabungan budaya Jawa dengan Tionghoa yang menjadi satu dan baru.

Nyala lampion-lampion di Pasar Gede  tersebut juga diiringi dengan berbagai bazar UMKM yang berdiri di sekitarnya serta dilengkapi dengan adanya wahana naik perahu wisata.

Baca Juga: Google Ungkap Pemilik Shio Monyet Paling Banyak Cari Info Keberuntungan di Tahun Kelinci Air

Kemudian, juga dimeriahkan pesta kembang api pada malam Tahun Baru Imlek di Plaza Balai Kota Surakarta pada 21 Januari 2023. Pesta kembang api dijadwalkan akan dilakukan pada Sabtu (21/1/2023) malam tepatnya pukul 00.00 WIB. 

Pelaksanaan pesta kembang api ini dilakukan di Plaza Balai Kota Solo hingga Minggu (22/1/2023) pukul 00.25 WIB. Nantinya sebelum pesta kembang api juga akan diawali dengan atraksi barongsai dari berbagai perkumpulan di Solo.

Lalu ada tiga perkumpulan seni barongsai yang ikut keliling kota untuk menghibur masyarakat Solo pada 4 Februari 2023. Tiga perkumpulan seni barongsai tersebut dari Sasana Tripusaka, Sasana Macan Putih, dan Sasana Budi Dharma.

Perayaan Imlek akan ditutup dengan perayaan Cap Go Meh bersama Pemerintah Kota Surakarta, di Pendapa Gedhe Balai Kota Surakarta pada 5 Februari mendatang.



Sumber : Antara, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.