Kompas TV nasional kriminal

Duduk Perkara Pembunuhan Berantai Wowon dan Solihin: Serial Killer dari Cianjur sampai Bekasi

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 13:26 WIB
duduk-perkara-pembunuhan-berantai-wowon-dan-solihin-serial-killer-dari-cianjur-sampai-bekasi
Kolase tiga tersangka pembunuhan berencana di Bekasi dan Cianjur, Dede Solehudin (kiri), Wowon Erawan (tengah), dan Solihin alias Duloh (kanan). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat menyelidiki kasus satu keluarga yang ditemukan sekarat di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023) pekan lalu, polisi justru menemukan fakta mengejutkan berupa kasus pembunuhan berantai atau serial killer yang dilakukan tiga tersangka.

Rupanya, tersangka yang terdiri dari Wowon Erawan alias Aki, Solihin alias Duloh, dan M Dede Solehudin mengaku meracun keluarga itu untuk menutupi tindakan kriminal mereka di Cianjur, Jawa Barat.

Polisi membongkar kejahatan pelaku yang sebelumnya telah melakukan serangkaian pembunuhan di Cianjur dengan motif menguasai harta korban.

"Mereka melakukan serangkaian pembunuhan atau biasa disebut serial killer dengan motif janji-janji yang dikemas supranatural untuk membuat orang menjadi sukses atau kaya," jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dalan konferensi pers, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga: Lewat Kasus Keracunan di Bekasi Pembunuhan Berantai Pelaku Terkuak, 4 Kerangka Ditemukan di Cianjur

Peran tiga pelaku pembunuhan berantai

Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi menjelaskan, tersangka Solihin menjadi pihak yang mencari korban untuk dijanjikan menjadi kaya dengan modus spiritual penggandaan uang yang dilakukan oleh Wowon. 

Sedangkan Dede, yang merupakan adik Wowon, bertugas mengumpulkan uang dari para korban. 

Belakangan, Dede turut meminum racun pestisida di Bekasi agar disangka sebagai korban. Ia selamat setelah dilarikan ke IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bantargebang, Bekasi, Kamis 12 Januari 2023.

Korban meninggal di Bekasi

Korban meninggal di Bekasi merupakan keluarga dari Wowon. Mereka terdiri dari istri Wowon bernama Ai Maimunah serta dua anak tiri Wowon atau anak Maimunah dari suami sebelumnya, Ridwan Abdul Muiz dan Muhammad Riswandi.

Mereka ditemukan sekarat oleh tetangga di sebuah kontrakan di Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantargebang, Bekasi, pada Kamis 12 Januari 2023.

Selain korban meninggal, ada dua korban selamat, yakni anak Maimunah dengan Wowon yang masih berusia lima tahun berinisial NR serta Dede (adik Wowon yang ternyata komplotan pelaku pembunuhan).

Kondisi keduanya semakin membaik setelah menjalani perawatan di RSUD Bantargebang, Bekasi.

Baca Juga: Enam dari 9 Korban Pembunuhan Berantai di Cianjur dan Bekasi adalah Keluarga Pelaku Wowon



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.