Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Waduh, Bos CIA ke Ukraina Gelar Pertemuan Rahasia dengan Zelenskyy, Ada Apa?

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 11:49 WIB
waduh-bos-cia-ke-ukraina-gelar-pertemuan-rahasia-dengan-zelenskyy-ada-apa
Bos CIA direktur William Burns terungkap melakukan perjalanan ke Kiev minggu lalu untuk konsultasi rahasia dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Bos CIA direktur William Burns terungkap melakukan perjalanan ke Kiev minggu lalu untuk konsultasi rahasia dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, menurut dua pejabat AS seperti laporan New York Times, Selasa, (20/1/2023).

Sejak sebelum serangan Rusia ke Ukraina, Burns melakukan kunjungan berkala ke Ukraina untuk bertemu dengan pejabat intelijen dan menyampaikan informasi kepada Zelenskyy.

Burns, yang perjalanannya dikonfirmasi oleh pejabat AS yang berbicara tanpa menyebut nama karena masalah keamanan, adalah pejabat tinggi AS terbaru yang mengunjungi Ukraina.

Hari Senin, delegasi termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Wendy Sherman; wakil penasihat keamanan nasional  utama Jon Finer; dan wakil menteri pertahanan untuk kebijakan Colin Kahl, bertemu dengan Zelenskyy.

CIA berusaha merahasiakan perjalanan Burns, dan tidak pernah mengomentari topik tersebut. Tetapi seorang pejabat AS mengakui kunjungan Burns dan mengatakan itu dimaksudkan untuk "memperkuat dukungan berkelanjutan kami untuk Ukraina dan pertahanannya melawan agresi Rusia."

Kunjungan tersebut sebelumnya dilaporkan oleh The Washington Post.

Seorang pejabat AS kedua mengatakan kunjungan Burns adalah misi intelijen yang dirancang "untuk memastikan bahwa informasi terus mengalir dua arah."

Baca Juga: Direktur CIA Burns Bertemu Bos Intelijen Rusia di Turki, Bahas Apa

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Bos CIA direktur William Burns terungkap melakukan perjalanan ke Kiev minggu lalu untuk konsultasi rahasia dengan Presiden Volodymyr Zelensky. (Sumber: Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Pemerintah AS secara berkala mengeluh mereka tahu lebih banyak tentang gerakan dan rencana militer Rusia daripada Ukraina.

Kiev sering bungkam tentang rencana operasionalnya. Tetapi sebelum serangan balasan Ukraina bulan September, para pejabatnya mulai berbagi lebih banyak tentang niat mereka, memungkinkan AS untuk memberikan intelijen yang membantu militer Kiev membentuk kembali rencananya untuk menargetkan titik lemah di garis Rusia.

Burns, seorang diplomat karir, muncul di awal pemerintahan Biden sebagai utusan darurat dan pemecah masalah untuk Gedung Putih.

Dan hubungan intelijen antara Washington dan Kiev sangat penting untuk upaya perang Ukraina, yang sangat bergantung pada wawasan dari CIA dan badan intelijen lainnya tentang perencanaan militer Rusia.

Sesaat sebelum serangan, Burns pergi ke Ukraina untuk memperingatkan Zelenskyy dan mendesaknya untuk menopang pertahanan di sekitar Kyiv. Intelijen yang diberikan dalam perjalanan itu membantu Ukraina menangkis serangan awal pasukan lintas udara elit Rusia di Bandara Hostomel, utara Kiev.

Pada perjalanan terakhir, Burns juga bertemu dengan pejabat senior intelijen Ukraina, meskipun pejabat AS tidak akan membahas sifat dari diskusi tersebut.

Kunjungan itu dilakukan pada titik krusial dalam perang. Ukraina mendorong untuk senjata Barat yang lebih berat, militer Rusia telah mengubah komandannya, dan perang telah menemui jalan buntu selama musim dingin, di luar pertempuran di dalam dan sekitar Bakhmut.



Sumber : Kompas TV/New York Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x