Kompas TV regional berita daerah

Jelang Imlek Permintaan Lampion Shio Meningkat

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 10:57 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Begini kesibukan Prasetyo, perajin lampion shio berukuran jumbo. Dirinya tengah sibuk memasangkan kain satin berbagai pilihan warna dengan lem pada rangka besi yang sudah dibentuk shio, di rumahnya, di Kawasan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, kamis sore.

 

Lampion buatan Prasetyo ini dibuat menggunakan bahan dari kerangka besi yang dibentuk menjadi 12 shio, lalu dipadukan dengan kain satin aneka pilihan warna. Untuk pembuatan lampion shio berukuran jumbo menurut Prasetyo dapat diselesaikan dalam waktu seminggu hingga sebulan, tergantung kerumitannya. 

 

Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2023 ini, Prasetyo mengaku kebanjiran cuan, karena pesanan lampion tidak hanya datang dari Sukoharjo, namun datang dari Solo hingga Hemarang. Peningkatan permintaannya pun naik hingga 200% jika dibandingkan dengan momentum yang sama di tahun sebelumnya.

 

Untuk saat ini Prasetyo sudah menyelesaikan sekitar 26 buah lampion shio berukuran jumbo, sebagian sudah dikirim ke Solo dan Semarang.

 

Untuk harga lampion shio berukuran jumbo dijual mulai jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah, tergantung ukuran dan kerumitan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x