Kompas TV regional berita daerah

Jelang Imlek, Klenteng Gelar Ritual Buka Pintu

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 10:54 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Menjelang perayaan Imlek atau tahun baru Cina 2574, 2023, warga Etnis Tionghoa di Kota Tegal, Jawa Tengah, menggelar ritual buka pintu Klenteng Tek Hay Kiong, selasa siang. Ritual ini yakni membuka pintu sisi kiri dan kanan yang selama ini ditutup.

 

Pembukaan pintu Klenteng ini sebagai tanda bahwa warga Etnis Tionghoa siap merayakan Imlek. Ritual buka pintu di Klenteng tertua di pesisir pantai utara Jawa ini merupakan tanda dimulainya perayaan Imlek dan sekaligus ritual untuk mengundang para Dewa yang ada di luar agar masuk ke dalam Klenteng.

 

Klenteng Tek Hay Kiong sendiri memiliki arti istana, sehingga Klenteng tersebut memiliki pintu gerbang. Sebagai istana para Dewa, maka Klenteng Tek Hay Kiong mengundang para Dewa untuk datang dan merayakan Imlek bersama mereka. 

 

Pintu Klenteng tersebut dibuka selama perayaan tahun baru Imlek. Setelah pintu dibuka, beberapa bendera warna warni dipasang di depan Klenteng untuk mengundang para Dewa yang ada di lima penjuru mata angin. 

 

Perayaan tahun baru Imlek pada kali ini diprediksi akan meriah. Pasalnya pemerintah sudah mencabut aturan PPKM, yang artinya pemerintah memberikan kelonggaran untuk beraktivitas meski masih dalam kondisi pandemi covid 19. Perayaan Imlek oleh seluruh Etnis Tionghoa di Indonesia diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi serta membawa keberkahan dan kemakmuran bagi masyarakat Tionghoa dan Bangsa Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x