Kompas TV bisnis kebijakan

Tahun Ini Fresh Graduate hingga Pengangguran Bisa Ikut Kartu Prakerja, Ini Bedanya dengan Edisi 2022

Kompas.tv - 19 Januari 2023, 07:40 WIB
tahun-ini-fresh-graduate-hingga-pengangguran-bisa-ikut-kartu-prakerja-ini-bedanya-dengan-edisi-2022
Pendaftaran Kartu Prakerja 2023. (Sumber: prakerja.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) menyatakan, program kartu prakerja 2023 terbuka bagi lulusan SMA atau sederajat, lulusan universitas hingga pengangguran.

Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem MPPKP Kurniasih Suditomo  menyatakan, pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 48 akan dimulai pada triwulan pertama 2023, atau selama periode Januari-Maret 2023.

Ia mengatakan, Program Kartu Prakerja tahun ini tidak memprioritaskan kategori peserta tertentu.

Lantaran tujuan pelatihan dalam program Kartu Prakerja adalah memberikan kesempatan lebih luas bagi para penerima Kartu Prakerja, untuk mengikuti ragam pelatihan dalam rangka peningkatan atau penyesuaian kemampuan.

"Peluangnya adalah sama, antara pengangguran, SMK, atau lulus kuliah itu peluangnya sama. Bagi angkatan kerja yang masih mencoba atau baru lulus, tugas kita adalah mendorong untuk terus mendaftar. Karena mereka masih bingung ya, suka be aware (waspada)," kata Kurniasih seperti dikutip dari Kompas.com,  Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Bikin Tenang Bun, Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pertamina Jamin NIK Warga Tetap Aman

Ia menjelaskan, untuk tahun ini ada perbedaan dengan tahun 2020-2022 yang semi bantuan sosial.

Kurniasih menyampaikan, ada penambahan durasi pelatihan yang semula 6 jam menjadi minimal 15 jam; moda pelatihan berlangsung secara online, offline, dan bauran (secara bertahap).

Program ini juga boleh diikuti oleh penerima bantuan dari kementerian/lembaga lainnya seperti Bantuan Sosial (Bansos), Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

Sedangkan selama 2 tahun kemarin, Program Kartu Prakerja tak dapat diberikan kepada para penerima bantuan tersebut.

"Untuk pelatihan online, semua pelatihan harus dilakukan secara webinar. Tidak ada lagi yang seluruhnya video," ujarnya.

Baca Juga: Soal Beras Menguning di Pulo Gadung, Pasar Jaya: Sisa Stok Usaha, Bukan Sisa Bansos DKI



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x