Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Mendagri Ukraina dan Anak Kecil Tewas dalam Kecelakaan Helikopter, Zelenskyy dan Ibu Negara Berduka

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 21:24 WIB
mendagri-ukraina-dan-anak-kecil-tewas-dalam-kecelakaan-helikopter-zelenskyy-dan-ibu-negara-berduka
Ilustrasi. Raut wajah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat meninjau Bucha, kota pinggiran ibukota Kiev, lokasi ditemukannya banyak jasad warga sipil yang tampak dieksekusi dari dekat dengan tangan terikat ke belakang. (Sumber: France24)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy serta Ibu Negara Olena Zelenska menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan helikopter yang menewaskan 16 orang di Brovary, Kiev, Rabu (18/1/2023). Kecelakaan ini turut menewaskan Menteri Dalam Negeri Ukraina Denys Monastyrskyi, wakilnya Yevheniy Yenin, serta beberapa pejabat senior lain.

Tiga anak kecil juga tewas dalam kecelakaan helikopter di dekat taman kanak-kanak tersebut. Sedangkan korban luka berjumlah 30 orang, 12 di antaranya anak-anak.

Baca Juga: Mendagri Ukraina Tewas dalam Kecelakaan Helikotper di Kiev, Korban Jiwa 16 Orang, Termasuk Anak-Anak

Menanggapi insiden ini, Zelenskyy menyebutnya sebagai "tragedi mengerikan" pada suatu "pagi yang hitam".

"Rasa sakitnya tak terkatakan," kata Zelenskyy melalui kanal Telegram-nya via Associated Press.

Istri Zelenskyy, Olenaa Zelenska turut menyampaikan ucapan belasungkawa. Ia menyebut "tragedi terbesar" dari kecelakaan helikopter di Brovary adalah "kematian anak-anak."

"Mereka punya keyakinan bahwa kita, sebagai orang dewasa, bisa melindungi mereka. Doa saya bersama keluarga para korban," kata Zelenska melalui Twitter-nya.

Insiden tewasnya Monastyrskyi adalah kematian pejabat tertinggi Ukraina sejak Rusia meluncurkan invasi pada Februari 2022 lalu. Namun, belum diketahui apakah kecelakaan ini terkait perang yang sedang berkecamuk atau tidak.

Baca Juga: Jelang Setahun Invasi Rusia, Ibu Negara Ukraina Serukan ke Pemimpin Dunia: Gunakan Pengaruh Anda!


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.