Kompas TV regional berita daerah

Mengenal Ritual Bersih-Bersih Rupang Menjelang Imlek

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 13:51 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

CIREBON, KOMPAS.TV - Sejumlah warga Tionghoa ini mulai menyiapkan alat dan bahan, untuk melaksanakan tradisi bebersih rupang di Vihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon senin pagi lalu.

Mereka menyiapkan air dalam wadah yang ditaburi bunga melati, kembang dan lainnya. Mereka juga campurkan minyak wangi di tiap wadah. Para warga terus mendatangi Vihara untuk bersama-sama melaksanakan ritual pembersihan rupang. Mereka mencuci dengan air bunga, mengelapnya dengan kain hingga cotton bud, untuk tiap detail lekukan.

Tak hanya rupang, mereka juga bersama-sama membersihkan altar tempat di mana para patung dewa diletakan. Sebagian bahkan membersihkan plafon dan genting untuk memastikan seluruh bersih dan aman. Lusiana Sow wakil ketua wandani cabang Kota Cirebon menyampaikan, pembersihan rupang merupakan momen pembersihan jiwa atau menyucikan menjelang tahun baru.

Para warga yang hendak membersihkan rupang harus berpuasa tidak memakan yang bernyawa dan menggantinya dengan vegetarian. Yulia Hianto, pengurus vihara menyampaikan ada puluhan rupang yang tersebar di sekitar 20 altar di Vihara Dewi Welas Asih. Yulia berharap, perayaan tahun baru imlek yang memiliki shio kelinci ini berjalan dengan lancar.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG :https:www.instagram.comkompastvjabar

Youtube :https:www.youtube.comckompastvjaw...

Twitter :https:www.twitter.comkompastv_jabar

Facebook :https:www.Facebook.comkompastvjabar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x