Kompas TV nasional rumah pemilu

Kenapa Ridwan Kamil Gabung ke Golkar? Disebut Batu Loncatan dan Bakal Jadi Ikon Partai Beringin

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 10:33 WIB
kenapa-ridwan-kamil-gabung-ke-golkar-disebut-batu-loncatan-dan-bakal-jadi-ikon-partai-beringin
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (Sumber: ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dikabarkan bakal bergabung ke partai Golkar pada hari ini, Rabu (18/1/2023). Lantas, apa alasan Ridwan Kamil gabung Golkar?

Pakar Politik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Karim Suryadi menilai, keputusan Ridwan Kamil masuk Golkar lantaran disebut bakal menjadi loncatan menuju pentas nasional jelang pemilu 2024. 

Menurut Karim, hadirnya Ridwan Kamil di partai berlambang pohon beringin itu juga melahirkan simbiosis mutualisme.

“Karakter Ridwan Kamil dikenal sebagai nasionalis religius, dilihat dari pernyataan, kebijakannya, gayanya, Golkar juga punya basis religius yang kuat, jadi sudah matching sih," kata Karim Selasa (17/1/2023) malam dilansir kompas.com

Selain itu, sebagai pemenang Pilkada Jabar 2018, Ridwa Kamil disebut bakal mampu mengatrol suara Golkar di Jabar yang sudah satu dekade didominasi Partai Gerindra dan PDIP.


 

"Karena suara politik di Jabar belakangan ini dikuasi Gerindra, dan Ridwan Kamil bukan bagian Gerindra. Justru itu harus dipertimbangkan sebagai hipotesis politik Golkar dengan mengambil tokoh untuk meningkatkan kepercayaan publik khususnya di Jabar," tutur Karim.

"Jadi ini simbiosis menguntungkan kedua belah pihak. Mengambil Ridwan Kamil menguntungkan Golkar karena secara de facto Ridwan Kamil Gubernur Jabar dan dari sisi survei dia masuk lima besar," sambungnya. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Siap Bergabung dengan Partai Golkar!

 

Ikon Baru 

Selain itu, Ridwan Kamil bakal dijadikan ikon baru dari partai Golkar.

"Kalau dilihat bagaimana dia maju di Pilwalkot Bandung dan Pilkada Jabar yang tidak melalui Partai Golkar, pasti dengan keputusan dia mengikatkan dirinya (dengan Golkar), pasti ada sesuatu yang dikejar lebih dari Gubernur," ungkap Karim.

"Sampai hari ini Golkar tidak dibayangi dinasti keluarga tertentu dan hampir tidak ada tokoh yang dinisbatkan sebagai ikon,"tambahnya. 

Ia juga menyebut, Ridwan Kamil bakal membuat nafas baru bagi Golkar yang belakangan disebut minim tokoh yang kuat secara elektabilitas. 

"Artinya, iklim politik internal Golkar akan memberikan tantangan kepada siapa saja yang bisa menunjukan eksistensi dan kualitas diri," kata Karim.

Baca Juga: Jadi Kader Golkar, Ridwan Kamil: Tinggal Finalisasi Saja!

 



Sumber : Kompas TV/kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x