Kompas TV feature news or hoax

Heboh Perumahan Elit Khusus Warga Tiongkok di Bekasi - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 22:01 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Beredar video yang memperlihatkan lokasi perumahan elit yang diklaim sebagai perumahan khusus warga Tiongkok di perbatasan bekasi. Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan deretan bangunan dengan arsitektur oriental. Pada video terdengar suara seorang pria yang menjelaskan bangunan tersebut.

Baca Juga: Jalanan Berlubang Gara-gara Ada Sumur Resapan? NEWS OR HOAX

Namun setelah dicek kebenaran video dan narasi yang beredar, informasi yang ditulis tidak sesuai dengan kenyataan pada video.

Setelah melakukan penelusuran, ternyata terdapat nama lokasi dalam video itu, tertulis Old Shanghai Sedayu City.  Penelusuran kemudian dilakukan dengan memasukkan kata kunci "Old Shanghai Sedayu City" di kolom pencarian google search.

Hasilnya, terdapat beberapa artikel yang menjelaskan Old Shanghai Sedayu City.  Satu di antaranya artikel berjudul, "Pantjoran PIK Sukses, Agung Sedayu Bangun Old Shanghai Di Sedayu city", yang dimuat pada 29 Juni 2022.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Old Shanghai Sedayu City merupakan tempat wisata kuliner. Lokasinya berada kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Baca Juga: Hoax Gas Air Mata Meledak di GBK, Ini Faktanya! - NEWS OR HOAX

Jadi, video dengan narasi perumahan elite khusus warga Tiongkok di bekasi adalah tidak benar atau hoax.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x