Kompas TV nasional update

Sesalkan Bentrok Karyawan PT GNI, Mahfud MD Sikapi Tiga Poin Ini

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 19:39 WIB
sesalkan-bentrok-karyawan-pt-gni-mahfud-md-sikapi-tiga-poin-ini
Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan pemerintah menyesalkan terjadinya bentrokan karyawan di PT Gunbuster Nickel Indonesia (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah yang mengakibatkan dua karyawan meninggal dunia, Sabtu (14/1/2023). (Sumber: YouTube Kemenko Polhukam)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menyesalkan terjadinya bentrokan karyawan di PT Gunbuster Nickel Indonesia (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah yang mengakibatkan dua karyawan meninggal dunia.

Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan pemerintah memberikan tiga pernyataan sikap terkait bentrokan antarkaryawan di PT GNI pada Sabtu (14/1/2023).

Pertama, pemerintah menyesalkan peristiwa bentrokan karyawan dan meminta penyelesaian dan mengakhiri peristiwa dengan sebaik-baiknya.

Pemerintah berharap agar seluruh masyarakat tenang, dan kembali ke kehidupan normal seperti biasa karena saat ini situasi di Morowali sudah kondusif. 

Baca Juga: Sampaikan Duka Cita, PT GNI Pastikan Korban Meninggal akibat Bentrokan Karyawan Ditangani Baik

"Aparat bersama pemerintah daerah dan PT GNI terus mencari penyelesaian dengan sebaik-baiknya atas peristiwa tersebut," ujar Mahfud dalam siaran pers di kanal YouTube Kemenko Polhukam, Selasa (17/1/2023).

Kedua, setelah mempelajari latar belakang peristiwa dan berdasarkan konstitusi, maka setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak dengan perlakuan yang adil. 

oleh sebab itu, sambung Mahfud, perusahaan hendaknya menyikapi setiap tuntutan dengan arif. 

"Sebaliknya para pekerja harus bisa menyampaikan aspirasi dan menuntut hak-haknya secara proporsional sesuai aturan undang-undang," ujar Mahfud. 

Baca Juga: Ini Tuntutan Pekerja yang Jadi Sorotan hingga Timbul Aksi Mogok Lalu Berujung Bentrok di PT GNI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.