Kompas TV regional berita daerah

94 Satwa Dilindungi Berhasil Diselamatkan Ditpolairud Papua Barat

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 17:22 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Sebanyak 94 satwa dilindungi, yang berasal dari endemik Papua dan Maluku, berhasil diselamatkan unit Intel Gakkum  Dirpolairud Polda Papua Barat. Satwa ini disembunyikan dalam Hutan Distrik Salawati Tengah Kabupaten Raja Ampat.

Dirpolairud Polda Papua Barat, Kombes Pol Budi Utomo, mengatakan lokasi persembunyian satwa dilindungi ini merupakan tempat bertransaksi oknum-oknum yang menjual satwa. Setelah ditampung satwa ini akan diperjual belikan keluar daerah, dengan harga yang bervariasi.

Polisi kini sudah menangkap dua tersangka yang bertugas menjaga satwa ini pada lokasi tersebut, dan masih mengejar pelaku lainnya, yang diduga sebagai aktor utama penjualan satwa dilindungi.

Sementara itu 94 ekor satwa yang dilindungi ini terdiri dari 27 ekor kaka tua jambul merah, kaka tua jambul kuning 28 ekor, kakatua raja 9 ekor, bayan hijau 14 ekor dan bayan merah 14 ekor serta enam ekor biawak. Atas perbuatannya para tersangka diancaman hukuman penjara 5 tahun.

Sementara itu balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat Daya mengatakan hewan ini akan dilepasliarkan ke alamnya setelah melewati beberapa proses karantina, mengingat tidak semua hewan yang tingkap merupakan hewan endemik Papua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.