Kompas TV nasional politik

Kamis hingga Jumat, Komisi III DPR akan Kunjungi PT GNI di Sulawesi Tengah.

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 17:06 WIB
kamis-hingga-jumat-komisi-iii-dpr-akan-kunjungi-pt-gni-di-sulawesi-tengah
Kebakaran smelter PT GNI yang tewaskan 2 karyawan pada Desember 2022 lalu. Kini terjadi bentrokan pekerja di perusahaan itu dan kembali menewaskan dua pekerja. (Sumber: Humas DPRD Morut)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Bentrokan pekerja yang terjadi di PT Gunbuster Nickel Industri Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah berakhir dengan tewasnya dua pekerja. 

Baca Juga: Situasi Terkini PT GNI setelah Rusuh Maut Antarkaryawan, Dijaga TNI-Polri

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengatakan, pihaknya akan mengunjungi PT GNI untuk mengetahui kondisi pasti pemicu kericuhan di sana. 

Adapun, rencananya rombongan Komisi III DPR RI itu akan terbang ke sana pada Kamis (19/1/2023) hingga Jumat (20/1/2023). 

"Kamis hingga Jumat," kata Habiburokhman kepada wartawan. 

Dia menyebut kunjungan itu bertujuan untuk mencari solusi terbaik dari penyelesaian hukum usai insiden berdarah tersebut.

"Saya akan ikut dalam rombongan Komisi III yang rencananya akan melakukan kunjungan kerja spesifik ke Sulawesi tengah terkait insiden di Morowali Utara. Kunjungan ini demi untuk mencari jalan keluar penyelesaian masalah kejadian di PT GNI secara hukum yang adil bagi semua pihak," katanya. 

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan operasional perusahaan dan pengamanan pekerja dilakukan oleh TNI-Polri.

Baca Juga: Smelternya Diresmikan Jokowi pada 2021, PT GNI Punya 11.000 TKI dan 1.300 TKA

“PT GNI di Morowali Utara situasinya relatif kondusif, perusahaan hari ini mulai operasional, sesuai laporan yang saya terima pagi tadi ratusan karyawan sudah memulai berdatangan," terang Didik dalam keterangan pers, Selasa (17/1).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x