Kompas TV nasional aiman

Gelitik Politik Pasar - AIMAN (3)

Kompas.tv - 6 Desember 2018, 18:20 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor :

Pasar menjadi kata kunci. Nyaris semua kompetisi muncul dari Pasar. Bahkan dari sinilah “perang” pernyataan menjadi viral. Benarkah pasar tradisional akan menjadi penentu menang-kalah Capres-Cawapres 2019 nanti?

Aiman menanyakan pula bagaimana penilaian masyarakat terkait sikap politik yg ditunjukkan dari 2 kubu ini. Aiman menemui peneliti survey dari Median, Rico Marbun.

Rico menjelaskan bahwa variabel yg paling besar mempengaruhi cara orang memilih adalah kinerja ekonominya. Dalam hal ini bisa dikatakan, jika petahana gagal mempertahankan kondisi perekonomian secara stabil, maka ini sebuah kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh lawan untuk menjatuhkan petahana.

"Variabel yang paling besar mempengaruhi cara orang pemilih, adalah kinerja ekonominya. Kunci utamanya adalah ekonomi. Jadi bisa dikatakan, kalau petahana gagal mempertahankan bisa dimanfaatkan oleh lawan”, jelas Rico.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.