Kompas TV nasional politik

DPR Sebut Kini Milenial Ogah Jadi Nelayan: Tidak Ada Perubahan Nasib di Laut

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 13:17 WIB
dpr-sebut-kini-milenial-ogah-jadi-nelayan-tidak-ada-perubahan-nasib-di-laut
Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi menyebut kini milenial tak ada yang mau jadi nelayan karena masa depannya suram. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anak muda milenial di Indonesia disebut tak ada yang ingin jadi nelayan, bahkan malas jika harus menekuni atau berprofesi di bidang kelautan lantaran nasibnya bakal tidak jelas. 

Hal itu diungkap oleh Anggota DPR RI Fraksi IV dari Golkar, Dedi Mulyadi, dalam Rapat Kerja dengan Menteri Kelautan dan Perikanan di Gedung DPR RI, hari ini Selasa (17/1/2023). 

Awalnya Dedi menyebut soal kekuatan laut dan nelayan di Indonesia menurun drastis dibanding beberapa waktu. 


 

Selaun itu, imbas Bahan Bakar Minyak (BBM) naik membuat daya jelajah nelayan tak lagi jauh, serta animo menjadi nelayan menurun drastis. 

"Karena apa? kerena malasnya anak muda milenial itu kini menekuni kelautan. Sama kayak petani jual tanahnya. Sama kayak di laut. Karena bagi mereka milenial, tidak ada perubahan nasib di laut," jelas Dedi Mulyadi diikuti dari Youtube DPR TV. 

Baca Juga: Cuaca Buruk, Kapal Nelayan Pencari Cumi Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu

Dedi memberi analogi, fenomena langka anak muda jadi nelayan ini seperti halnya mulai menurunnya animo anak muda milenial menjadi petani. Keduanya disebut bernasib serupa, tidak menjanjikan masa depan yang layak. 

Mantan Bupati Purwakarta itu juga menyebut, kini nelayan tak lagi mendapatkan ikan yang besar, tapi memilih melaut di pinggir saja. 

"Hari ini daya jelajah para nelayan kita makin terbatas. Seiring BBM naik, jangkauannya tidak lagi luas, tapi hanya di pinggir. Karena kemampuan operasional dan kapalnya terbatas," jelasnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x