Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai Naik, Upah Buruh Petik Ikut Naik

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 19:15 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Naiknya harga cabai membawa berkah bagi buruh petik cabai di Kabupaten Jember Jawa Timur. Penghasilan mereka naik dua kali lipat karena upahnya ikut naik, yakni 4 ribu rupiah per kilogram. Kenaikan harga cabai dipicu oleh menipisnya pasokan dari petani karena gagal panen akibat cuaca ekstrem.

Harga cabai di kalangan petani saat ini naik, untuk cabai rawit merah naik 46 ribu rupiah per kilogram, cabai hijau kecil naik 35 ribu rupiah per kilogram dan cabai merah besar naik  32 ribu rupiah per kilogram.

Kondisi itu membuat penghasilan buruh petik cabai di Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember ikut naik dua kali lipat. Sebelumnya mereka mendapatkan upah 2 ribu rupiah per kilogram, namun kini mendapatkan upah empat ribu rupiah per kilogram. Dalam waktu 6 jam, buruh petik cabai mampu memetik 12 kilogram cabai.

Baca Juga: Cabai dan Bawang Langka di Pasaran, Harganya Naik Drastis

Naiknya harga cabai karena menipisnya pasokan cabai dari petani. Banyak petani cabai gagal panen akibat cuaca ekstrem. Namun beberapa petani mampu meningkat produksi cabai dengan menambah pupuk dan berupaya menjaga kelembaban tanah.

 

#hargacabai #buruhpetikcabai #petanicabai #Gagalpanen #cuacaekstrem #jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x