Kompas TV regional berita daerah

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Terjadi 16 Kali Letusan

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 18:48 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur mengalami erupsi pada Senin (16/1/2023) pagi. Tinggi kolom letusan mencapai 500 meter di atas puncak kawah jonggring saloko.

Berdasarkan laporan petugas pos pantau, erupsi gunung semeru terjadi pada pukul 06.00 Senin (16/1/2023). Kolom abu teramati berwarna putih kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 23 milimeter dan durasi 73 detik.

Berdasarkan laporan rutin 6 jam sekali, telah terjadi 16 kali letusan dengan tinggi kolom 300 hingga 500 meter di atas kawah. Sedangkan untuk guguran lava teramati 500 hingga 700 meter mengarah ke tenggara. 

Kalaksa BPBD Lumajang, Patria Dwi Hastiadi menilai letusan kali ini wajar, karena status gunung semeru masih siaga. Namun warga diimbau tetap waspada, karena tumpukan material vulkanik di puncak maupun ujung lidah lava bisa gugur dan menjadi awan panas guguran.

Baca Juga: Intensitas Guguran Lava Pijar Gunung Semeru Meningkat

Berdasarkan pengamatan pada malam hari, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih aktif mengeluarkan guguran lava pijar. Hal itu terjadi lantaran suplai magma dari perut gunung masih terus terjadi.

 

#erupsisemeru #gunungsemeru #semerumeletus #lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.