Kompas TV TALKSHOW satu meja

Ketika Korupsi Jadi Dagangan Politik - SATU MEJA (5)

Kompas.tv - 6 Desember 2018, 07:34 WIB
Penulis : D I M

Korupsi, seakan tak henti menjajah negeri. Ancamannya yang kian nyata dan menggurita jadi satu hal yang patut diwaspadai.

Memasuki tahun politik, kini isu korupsi tak lantas hilang dari ruang publik. Dari mulai narasi anti korupsi hingga potret buram korupsi negeri, hilir mudik mewarnai panggung kontestasi. Pidato calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, saat acara "The World in 2019 Gala Dinner" yang digelar di Singapura, menjadi salah satunya. Pernyataan "Maraknya korupsi di Indonesia seperti kanker stadium 4" menjadi polemik dan kontroversi. Menciptakan pemerintahan yang bersih pun menjadi janji Prabowo Subianto jika terpilih kelak.

Suhu politik lantas menghangat. Bantahan pun dilayangkan Presiden Joko Widodo. Angka indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia yang terus membaik jadi alasannya. Calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo, menyayangkan ada pihak yang berbicara tanpa fakta dan data.

Lantas, apa fakta di balik wajah korupsi negeri sesungguhnya? Mengapa pula isu korupsi nyaring disuarakan di tengah kontestasi politik?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.