Kompas TV regional berita daerah

Harga Naik Petani Manfaatkan Pupuk Kandang Dorong Pertanian

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 17:29 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Harga pupuk non subsidi merek npk mutiara naik hingga 75% ,pupuk jenis npk ini dibutuhkan petani bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit, dan tomat, serta beberapa jenis sayur untuk memacu pertumbuhan tanaman.

 

Sementara itu pupuk subsidi sudah tidak pernah didapatkan sejak 2 tahun terakhir oleh para petani di Kabupaten Sorong, agar tidak merugi petani lokal berupaya untuk memproduksi pupuk kandang yang proses pembuatanya lebih ekonomis dibandingkan harus membeli pupuk non subsidi.

 

Ahmad zaini ketua kelompok tani harapan gawe makmur berharap pemerintah khususnya di dinas pertanian bisa segera membantu kelompok tani lokal untuk pengadaan pupuk subsidi, agar petani tidak merugi dengan pembiayaan pembelian pupuk non subsidi sementara harga jual hasil panen tidak alami kenaikan harga.

 

Sementara itu ibu beni pedagang pupuk di toko hermon mengatakan harga pupuk non subsidi merk  npk dijual dengan harga Rp 965.000 dari harga sebelumnya  Rp 700.000 per 50 kilo gram, sementara harga per kilo nya Rp 28.000 dari harga sebelumnya Rp 20.000. Kenaikan harga ini karena biaya pembelian di luar daerah juga ikut naik, selain itu ongkos pengiriman juga alami kenaikan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x