Kompas TV regional berita daerah

Tahun Baru Imlek, Perajin Lampion Shio Jumbo asal Sukoharjo Kebanjiran Cuan

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 13:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV – Perajin Lampion Shio berukuran jumbo, Prasetyo tengah kebanjiran cuan menjelang Tahun Baru Imlek. Prasetyo memproduksi lampion jumbo di rumahnya di Kawasan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.  

Lampion buatan Prasetyo ini dibuat menggunakan bahan dari kerangka besi yang dibentuk menjadi 12 Shio. Kemudian, dipadukan dengan kain satin aneka warna. Untuk pembuatan lampion shio berukuran jumbo, menurut Prasetyo dapat diselesaikan dalam waktu seminggu hingga sebulan tergantung kerumitannya.

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2023 ini, Prasetyo mengaku, pesanan lampion tidak hanya datang dari Kabupaten Sukoharjo, namun juga datang dari Kota Solo hingga Kota Semarang. Peningkatan permintaannya naik hingga 200 persen jika dibandingkan dengan momentum yang sama di tahun sebelumnya. Untuk saat ini, Prasetyo sudah menyelesaikan sekitar 26 buah lampion shio berukuran jumbo, sebagian sudah dikirim ke Solo dan Semarang.

“Untuk kenaikan pesanan lampion sekitar 200 persen,”ujar Prasetyo.

Untuk harga lampion shio berukuran jumbo dijual mulai jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah, tergantung ukuran dan kerumitan.

#lampion #imlek #sukoharjo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x