Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Waduh, Belarusia dan Rusia Mulai Latihan Tempur Udara, Namun Minsk Tegaskan Sifatnya Defensif

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 11:29 WIB
waduh-belarusia-dan-rusia-mulai-latihan-tempur-udara-namun-minsk-tegaskan-sifatnya-defensif
Belarusia mengatakan latihan angkatan udaranya dengan Rusia yang dimulai hari Senin, (16/1/2023) bersifat defensif untuk mempersiapkan kemungkinan misi tempur. (Sumber: Biro Pers Kementerian Pertahanan Rusia via Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

MINSK, KOMPAS.TV - Belarusia mengatakan latihan angkatan udaranya dengan Rusia yang dimulai hari Senin, (16/1/2023) bersifat defensif untuk mempersiapkan kemungkinan misi tempur, seperti laporan Straits Times, Senin, (16/1/2023).

Namun media barat melaporkan langkah itu dilakukan karena meningkatnya kekhawatiran bahwa Moskow mendorong Minsk untuk bergabung dalam perang di Ukraina.

“Latihan ini murni bersifat defensif,” kata Pavel Muraveyko, wakil sekretaris negara pertama Dewan Keamanan Belarusia, menurut sebuah postingan di aplikasi Telegram kementerian pertahanan Belarusia hari Minggu, (15/1/2023)

“Ini akan menjadi serangkaian langkah untuk mempersiapkan penerbangan kami dan Rusia untuk menjalankan misi tempur yang relevan.”

Latihan yang akan berlangsung hingga 1 Februari akan melibatkan pelatihan untuk "pengintaian udara, membelokkan serangan udara, perlindungan udara terhadap objek-objek penting dan komunikasi", tambah Muraveyko.

Penumpukan pasukan Rusia yang sedang berlangsung di Belarus, dikombinasikan dengan aktivitas militer yang sibuk di negara itu, adalah gaung dari apa yang terjadi di sana tepat sebelum invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari ketika Moskow menggunakan negara itu sebagai batu loncatan untuk melancarkan serangan.

Ini memicu ketakutan di Kiev dan Barat bahwa Rusia dapat menggunakan sekutu dekatnya melakukan serangan darat baru di Ukraina.

Ukraina terus memperingatkan kemungkinan serangan dari Belarusia dan Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pekan lalu bahwa negara itu harus siap di perbatasannya dengan Belarusia.

Kremlin membantah telah menekan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko untuk mengambil peran lebih aktif dalam konflik di Ukraina, sementara Minsk mengatakan tidak akan ikut-ikutan mengirim tentara dan berperang di Ukraina.

Baca Juga: Rusia Gelar Rudal Iskander dan Sistem Pertahanan Udara S-400 di Belarusia, Situasi Makin Gawat

Belarusia mengatakan latihan angkatan udaranya dengan Rusia yang dimulai hari Senin, (16/1/2023) bersifat defensif untuk mempersiapkan kemungkinan misi tempur (Sumber: Satellite image ©2022 Maxar Technologies/CNA)

Sejak awal perang, Belarus melakukan banyak latihan militer, termasuk latihan komprehensif skala besar pada akhir Agustus dan sejumlah latihan kecil sendiri atau bersama dengan Rusia.

Bersama dengan Moskow, Minsk juga menambahkan persenjataan dan peralatan militer ke dalam latihan tersebut.

Saluran pemantauan militer Telegram tidak resmi melaporkan serangkaian pesawat tempur, helikopter, dan pesawat angkut militer yang datang ke negara itu sejak awal tahun, delapan pesawat tempur dan empat pesawat kargo pada hari Minggu saja.

Kementerian pertahanan Belarusia hanya mengatakan bahwa "unit" angkatan udara Rusia telah tiba di Belarusia.

“Selama latihan penerbangan taktis, semua lapangan terbang dan tempat pelatihan Angkatan Udara dan Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Belarusia akan dilibatkan,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Muraveyko mengatakan situasi di perbatasan selatan negara itu - perbatasan dengan Ukraina - "tidak terlalu tenang," dan bahwa Ukraina telah "memprovokasi" Belarusia.

“Kami menahan diri dan bersabar, menjaga bubuk mesiu kami tetap kering,” kata Muraveyko. “Kami punya seperangkat kekuatan yang diperlukan dan sarana yang akan menanggapi setiap manifestasi agresi atau ancaman teroris di wilayah kami.”



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x