Kompas TV regional peristiwa

Bupati Morowali Utara soal Rusuh di PT GNI: TKA Diserang Duluan, Lalu Terjadi Bentrok

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 08:48 WIB
bupati-morowali-utara-soal-rusuh-di-pt-gni-tka-diserang-duluan-lalu-terjadi-bentrok
Bentrokan yang terjadi di area smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (15/1/2023), mengakibatkan satu pekerja lokal dan satu tenaga kerja asing (TKA) meninggal dunia. (Sumber: Kompas.tv)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

MOROWALI, KOMPAS.TV - Bupati Morowali Utara Delis Julkasson Hehi angkat bicara terkait bentrokan yang terjadi di lokasi industri pengolahan nikel (smelter) PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) pada Sabtu (14/1/2023) siang sampai malam hari.

Menurut Delis, bentrokan itu terjadi karena tenaga kerja asing (TKA) diserang lebih dulu. Namun, ia tak menyebut secara gamblang pihak yang menyerang TKA yang dimaksudkannya itu.

Baca Juga: Duduk Perkara Bentrokan di PT GNI Morowali Utara, Tuntutan Ketenagakerjaan Berujung Kematian Pekerja

Demikian hal itu disampaikan Bupati Morowali Utara membantah isu yang beredar, bahwa kerusuhan yang ditandai perusakan, pembakaran, dan penjarahan tersebut dipicu oleh penganiayaan TKA terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI).

Delis menuding isu yang beredar tersebut telah disebarkan oleh para provokator. Karena itu, ia mengaku merasa perlu meluruskannya.


 

"Tolong diluruskan informasinya, ya. TKA yang diserang duluan, lalu terjadi bentrok," kata Bupati Morowali Utara usai bertemu Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi di Kota Palu, Minggu (15/1/2023).

Delis melanjutkan, di tengah terjadi bentrok, ada oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan perusakan dan penjarahan di asrama karyawan putri TKI.

Baca Juga: Buntut Bentrokan di PT GNI Morowali Utara Tewaskan 2 Pekerja, 500 Aparat TNI dan Polri Siaga

Delis mengecam keras aksi anarkis di PT GNI tersebut. Ia pun menyerahkan sepenuhnya peristiwa itu kepada pihak kepolisian dan aparat keamanan lainnya untuk menangani secara hukum.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.