Kompas TV regional peristiwa

Tewaskan 2 Pekerja, Begini Kronologi Bentrok di PT GNI Morowali Utara

Kompas.tv - 15 Januari 2023, 22:01 WIB
tewaskan-2-pekerja-begini-kronologi-bentrok-di-pt-gni-morowali-utara
Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Didik Supranoto di Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Minggu (15/1/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Didik Supranoto mengungkapkan kronologi bentrokan di pabrik smelter Nikel milik PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (14/1/2023), yang menewaskan dua pekerja.

Didik menyebut, bentrokan bermula ketika adanya aksi unjuk rasa sejumlah pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja nasional karena sejumlah tuntutan yang tak dipenuhi pihak perusahaan. 

"Awal mulanya ada tuntutan dari para pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja nasional kepada perusahaan," kata Didik dalam Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Minggu (15/1/2023). 

"Pada Jumat (13/1/) mereka sudah melakukan pertemuan yang difasilitasi oleh Disnaker Morowali Utara, namun di situ belum ada titik temu."

Kemudian, lanjut dia, pada Sabtu (14/1) para pekerja yang berjumlah ratusan orang tersebut memutuskan melakukan mogok kerja.

"Pukul 12.00 WITA mereka berusaha untuk masuk ke area perusahaan, dan mengintervensi para pekerja yang masih melakukan kegiatan (bekerja)," jelasnya.

"Tapi ini bisa diselesaikan oleh aparat keamanan, dan pada pukul 17.00 mereka semua keluar."

Namun, aksi mereka berlanjut lagi di malam hari. Di mana pukul 19.30 para pekerja tersebut kembali berusaha masuk ke area perusahaan dan melakukan tindakan anarki. 

"Sehingga terjadi bentrokan dengan tenaga kerja yang ada di dalam dan menyebabkan dua orang tewas," jelasnya. 

Baca Juga: 2 Orang Meninggal Dalam Bentrok Pekerja di PT GNI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.