Kompas TV nasional viral

Sandiaga Uno Sebut Wisatawan di Yogyakarta Inginkan Sushi Salmon Mentai, Netizen Heboh

Kompas.tv - 15 Januari 2023, 16:22 WIB
sandiaga-uno-sebut-wisatawan-di-yogyakarta-inginkan-sushi-salmon-mentai-netizen-heboh
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat ditemui di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (10/12/2022). (Sumber: ANTARA)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi sorotan netizen (warganet) lantaran mencuitkan pernyataan yang dinilai janggal terkait wisata kuliner yang belum terpenuhi di Yogyakarta.

Sandiaga menyebut, berdasarkan data yang ia miliki, ada banyak wisatawan yang menginginkan kuliner sushi, khususnya salmon mentai, di Yogyakarta.

"Di bidang kuliner, ketika Anda di Yogyakarta, kira-kira apa saja permintaan yang belum terpenuhi? Teknologi dan data menunjukkan bahwa turis menginginkan sushi, mereka ingin sushi terutama salmon mentai," ucap Sandiaga menggunakan Bahasa Inggris dalam cuplikan video yang ia unggah di media sosial, Sabtu (14/1/2023).

Selain itu, Sandiaga mengatakan, data juga menunjukkan wisatawan menginginkan water park di Kota Pelajar itu.

"Kami kira mereka akan mencari keindahan alam, budaya, atau candi, tapi teknologi dan data menunjukkan bahwa mereka menginginkan water park," ujarnya.

"Jadi kami membimbing industri untuk berinvestasi di water park."

Baca Juga: Presiden Jokowi Bersepeda di CFD Jakarta Minggu Pagi, Warga Terkejut Bisa Berfoto dan Dapat Kaus

Menurut Sandiaga, hadirnya destinasi wisata baru akan menambah peluang wisatawan untuk berkunjung sehingga perputaran ekonomi akan melesat.

Unggahan itu pun menuai banyak komentar negatif dari warganet, banyak yang mengatakan data yang disampaikan Sandiaga, kurang akurat.

"''Tingginya angka permintaan' tentang ini diketahui dari mana pak, survei? Yang disurvei siapa pak, wisatawan atau calon wisatawan? Samplingnya benar? Representatif?" tanya salah satu warganet di Twitter.

"Izin Bapak, mungkin datanya bisa dikeluarkan ini permintaan dari turis yang mana. Terutama proses pemilihan samplenya," timpa warganet lain.

Baca Juga: Ungkap Pertemuan dengan Prabowo, Sandiaga: Kami Sepakat Harus Bersatu Padu

"Pak, seandainya pun datanya valid, karena Yogyakarta bukan daerah penghasil salmon maupun Alaskan Pollock, apa data seperti ini tetap akan ditindaklanjuti?" tanya warganet lain.

Beberapa warganet mengatakan wacana pembangunan water park di Yogyakarta akan memengaruhi kelangsungan wisata taman air di wilayah Klaten, Jawa Tengah yang memiliki banyak umbul.

Selain itu, warganet lain menyarankan agar wisatawan sebaiknya menikmati pantai yang berada di wilayah selatan Yogyakarta.

Baca Juga: Sandiaga Disebut Bakal Dukung Prabowo sebagai Capres, Ketua Harian Gerindra: Saya Tak Bisa Jamin


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x