Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Sebut IMS Salah Satu Arena Tertutup Paling Besar di Indonesia, Mampu Tampung 16.250 Penonton

Kompas.tv - 13 Januari 2023, 22:28 WIB
jokowi-sebut-ims-salah-satu-arena-tertutup-paling-besar-di-indonesia-mampu-tampung-16-250-penonton
Proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium atau IMS di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, sudah mencapai 74 persen dan ditargetkan rampung pada Juni 2023. (Sumber: ANTARA/Aditya Ramadhan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, adalah arena multifungsi tertutup paling besar di Indonesia dengan kapasitas 16.250 penonton.

Hal itu diungkapkannya saat melakukan topping off atau pemasangan atap IMS, Jumat (13/1/2023).

"Ini arena tertutup yang multifungsi yang adalah salah satu fasilitas arena tertutup yang paling besar di Indonesia," ungkap Presiden.

"Tadi sudah disampaikan oleh Menteri BUMN, bisa menampung 16.250 penonton dan bisa berfungsi baik untuk event-event olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli, dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan serta konser-konser musik dengan kapasitas yang sangat besar."

Sebagai informasi, IMS terdiri dari lima lantai dan satu lantai atap. IMS memiliki fungsi utama sebagai stadion bola basket dengan satu lapangan utama dan dua lapangan latihan.

Baca Juga: Megawati: Saya Bilang ke Pak Jokowi, Generasi Muda Ngerti Nggak Sih dia Dari Mana Jadi WNI?

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menjelaskan, pembangunan IMS dimulai sejak tahun 2021, dan disiapkan untuk event FIBA World Cup 2023.

Pendanaannya bersumber dari APBN melalui skema multiyears contract (MYC) 2021-2023 senilai Rp639,1 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Adhi Karya-PT Nindya Karya-PT Penta (KSO).

"Saat ini, progres fisik pembangunan IMS telah mencapai 74 persen dan ditargetkan rampung pada Juni 2023 mendatang," jelas Diana. 

Bangunan stadion multifungsi dalam ruangan tersebut memliki luas 50.398 meter persegi. 

"IMS juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan non-olahraga, seperti konser musik, seminar, pertunjukan khusus, dan lain-lain," ucap Diana.

Baca Juga: Kepulan Asap di GBK, Polisi Pastikan Bukan Gas Air Mata: Itu Flare, Kita Sudah Cek


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x