Kompas TV regional berita daerah

Koalisi NGO HAM Minta Pemerintah Fokus pada Pemulihan Korban Pelanggaran HAM Berat

Kompas.tv - 13 Januari 2023, 17:25 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo telah mengakui sejumlah pelanggaran HAM berat masa lalu yang pernah terjadi di Indonesia. Di aceh, ada tiga peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu yang di akui pemerintah yaitu, peristiwa Rumoh Geudong dan Pos Sattis Aceh, Kabupaten Pidie tahiun 1998, peristiwa Simpang KKA Aceh Utara pada tahun 1999 dan Tragedi Jambo Keupok Aceh Selatan tahun 2003.

Pasca pengakuan adanya pelanggaran berat HAM masa lalu oleh negara, Koalisi NGO HAM Aceh, meminta kepada pemerintah untuk melakukan upaya pemulihan kepada korban dan keluarga korban secara masif karena perjuangan mereka untuk mendapatkan keadilan, telah diakui oleh negara. Koalisi NGO HAM, saat ini juga sedang membangun mekanisme model reparasi untuk korban pelanggaran HAM yang berkeadilan dan komprehensif.

Koalisi NGO HAM mengapreasi Presiden Joko Widodo yang telah mengakui beberapa peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu yang terjadi di Aceh. Namun dalam catatan NGO HAM, paling tidak ada 1400 peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi di aceh. NGO HAM berharap pemerintah juga mengungkap berbagai peristiwa pelanggaran HAM berat di Aceh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.