Kompas TV internasional kompas dunia

Polandia Siap Kirim Tank Leopard ke Ukraina, jika Sekutu Lain Juga Melakukannya

Kompas.tv - 12 Januari 2023, 20:14 WIB
polandia-siap-kirim-tank-leopard-ke-ukraina-jika-sekutu-lain-juga-melakukannya
Tank Leopard 2PL Polandia yang dibeli dari Jerman. Polandia, Rabu (11/1/2023), memutuskan untuk mengirim satu kompi tank Leopard buatan Jerman untuk membantu Ukraina dalam perang melawan Rusia. (Sumber: Wikipedia/Poland Defence Ministry)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LVIV, KOMPAS.TV - Polandia, Rabu (11/1/2023), memutuskan untuk mengirim satu kompi tank Leopard buatan Jerman untuk membantu Ukraina dalam perang melawan Rusia.

Presiden Polandia Andrzej Duda dalam kunjungan ke Lviv, Ukraina, mengatakan langkah itu hanya mungkin dilakukan sebagai bagian dari koalisi bantuan tank internasional yang lebih besar kepada Kiev, seperti dilaporkan Associated Press, Rabu.

Para pemimpin Polandia memberi indikasi bahwa mereka sedang dalam pembicaraan dengan negara lain mengenai potensi pengiriman tank Leopard oleh koalisi internasional namun belum menyebutkan nama negara.

Dalam koalisi internasional potensial ini, “kami telah mengambil keputusan untuk menyumbangkan paket tank pertama, kompi tank Leopard, yang saya harap, bersama dengan kompi Leopard lainnya dan tank lain yang akan ditawarkan oleh negara lain akan... dapat memperkuat pertahanan Ukraina,” kata Duda dalam konferensi pers di Lviv. Sebuah kompi terdiri dari 14 tank.

Duda dan Presiden Lituania Gitanas Naus da bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Lviv dalam apa yang disebut Kerjasama Segitiga Lublin.

Baca Juga: Intelijen Inggris Yakin Putin Sadari Kemunduran Rusia di Ukraina, Perubahan Komandan Perang Tandanya

Dalam foto yang diedarkan Kantor Pers Kepresidenan Ukraina tampak Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan) berbicara dengan Presiden Polandia Andrzej Duda dalam pertemuan di Lviv, Ukraina, Rabu, 11 Januari 2023. (Sumber: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)

 

Zelenskyy mengatakan Ukraina membutuhkan tank untuk memenangi perang dan "menunggu keputusan bersama" mengenai masalah ini karena "satu negara tidak dapat memberi kami jumlah yang cukup."

Ketiga pemimpin juga membahas kemitraan strategis lebih lanjut antara negara mereka.

“Lituania dan Polandia menegaskan tekad mereka untuk terus memberikan dukungan militer, politik, diplomatik, ekonomi dan kemanusiaan ke Ukraina,” kata Naus da.

“Perang di Ukraina adalah perang kita — perang dunia bebas melawan seorang diktator. Kami akan berdiri bersama Ukraina sampai menang,” katanya.

Di Inggris, sekutu setia Ukraina lainnya, juru bicara Perdana Menteri Rishi Sunak, Max Blain, mengatakan "tank tempur dapat memberikan kemampuan mengubah peperangan bagi Ukraina."

Blain mengatakan Sunak telah menginstruksikan Menteri Pertahanan Ben Wallace untuk bekerja dengan sekutu tentang kendaraan apa yang terbaik untuk dikirim.

Dia mengatakan belum ada keputusan akhir yang dibuat. Inggris mempertimbangkan apakah akan mengirim tank tempur Challenger 2 ke Ukraina, yang telah melawan serangan skala penuh Rusia sejak 24 Februari 2022.


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x