Kompas TV video vod

Simak! Program Kartu Prakerja 2023 yang Telan Anggaran Awal Rp 2,67 Triliun

Kompas.tv - 12 Januari 2023, 01:06 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah berhasil menjangkau 16,4 juta penerima manfaat kartu prakerja, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan tahun ini pemerintah akan lebih fokus mengembangkan kompetensi angkatan kerja, melalui program kartu prakerja 2023 dengan skema normal.

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi angkatan kerja, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2023, dengan target capaian hingga 1 juta penerima.

Pada tahap awal, anggaran akan dialokasikan sebesar Rp 2,67 triliun untuk mencapai target sebanyak 595 ribu orang. Sedangkan sisanya sebesar 405 ribu orang, pemerintah akan mengajukan tambahan kebutuhan anggaran sebesar Rp 1,7 triliun.

Skema normal kartu prakerja diiringi dengan pelatihan yang dilakukan secara luring daring maupun bauran. Untuk pelatihan luring di tahap awal akan diawali 10 provinsi.

Besaran bantuan yang akan diterima peserta juga mengalami penyesuaian. Setiap individu akan menerima Rp 4,2 juta.

Berbagai lembaga pelatihan dapat berpartisipasi menjadi bagian dalam ekosistem prakerja dengan mengikuti sejumlah asesmen dan seleksi yang telah ditentukan pemerintah.

Serta mengajak partisipasi masyarakat melalui skema kemitraan yang merupakan wujud “Public Private Partnership” atau PPP dalam bidang pengembangan SDM Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.