Kompas TV nasional kesehatan

Chiki Ngebul Telan Korban, Kemenkes Ungkap Bahaya Makanan yang Mengandung Nitrogen Cair

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 21:30 WIB
chiki-ngebul-telan-korban-kemenkes-ungkap-bahaya-makanan-yang-mengandung-nitrogen-cair
Ilustrasi jajanan Chiki Ngebul yang mengandung nitrogen cair. (Sumber: SHUTTERSTOCK via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jajanan yang mengandung nitrogen cair, Chiki Ngebul, telah menelan korban. Setidaknya 28 anak di Tasikmalaya dan Bekasi, Jawa Barat, mengalami keracunan setelah mengonsumsi jajanan tersebut.

Sub Koordinator Farmasi, Makanan Minuman, Kosmetik, dan Tradisional Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Rendra Gustiawan mengatakan, anak-anak tersebut mengalami peradangan usus.

“Kami menduga anak bergejala berat mengalami peradangan usus karena tak sengaja mengonsumsi sisa cairan nitrogen yang terdapat di dalam makanan tersebut," kata Rendra, Rabu (11/1/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Jubir Kemenkes Minta Masyarakat Tetap Waspada: Covid-19 Masih Ada sebagai Pandemi

Chiki Ngebul atau ice smoke merupakan jajanan yang digemari oleh anak-anak. Penggunaan nitrogen cair diberikan pada jajanan tersebut untuk mendapatkan efek ‘ngebul’ ketika jajanan dimakan.

Asap yang dihasilkan dari makanan tersebut berasal dari nitrogen cair yang memiliki suhu yang sangat rendah. Penambahan nitrogen cair tidak mengubah rasa pada makanan, sehingga banyak dijajakan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, penambahan nitrogen cair pada produk pangan siap saji dapat memicu keracunan jika tidak dilakukan sesuai prosedur.

"Nitrogen cair bisa menyebabkan radang dingin dan luka bakar terutama pada beberapa jaringan lunak seperti kulit," kata Maxi di Jakarta, Rabu, melansir Antara.

Baca Juga: 28 Anak Keracunan Chiki Ngebul di Tasikmalaya dan Bekasi, Dinkes Jawa Barat Kaji Larangan Ini

Uap dari makanan atau minuman yang diproses menggunakan nitrogen cair juga dapat memicu kesulitan bernapas yang cukup parah, jika dihirup dalam jumlah yang banyak.

Mengonsumsi nitrogen cair juga dapat menyebabkan tenggorokan terasa terbakar. Pasalnya, nitrogen cair memiliki suhu yang sangat dingin jika bersentuhan langsung dengan organ tubuh.

"Bahkan, tidak sedikit kasus terparah yang menunjukkan bahwa ice smoke dapat memicu kerusakan internal organ tubuh," ujarnya.

Baca Juga: Sisi Positif dan Negatif Lato-Lato Menurut Psikolog, Mainan yang Bermanfaat Sekaligus Berbahaya

Kemenkes sendiri telah menerbitkan informasi mengenai penggunaan nitrogen cair pada produk siap saji, seperti Chiki Ngebul dan ice smoke.

"Kemenkes telah menyebarkan surat edaran ke seluruh instansi terkait sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan pada penggunaan nitrogen cair pada pangan siap saji untuk mencegah terjadinya keracunan pangan," tukas Rendra.


 

 

 



Sumber : Kompas.com/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x