Kompas TV regional gaya hidup

Anti Boncos! Ini Dia Tips Siapkan Biaya Pendidikan Anak

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 17:00 WIB
anti-boncos-ini-dia-tips-siapkan-biaya-pendidikan-anak
Orangtua harus sejak dini merencanakan biaya pendidikan anak. (Sumber: Freepik/katemangostar)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tahunnya, biaya pendidikan terus meningkat. Meski begitu, setiap orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Pasalnya, pendidikan adalah gerbang awal menuju kesuksesan. 

Hal itulah yang menyebabkan banyak orangtua mati-matian memperjuangkan biaya pendidikan anak. Tak sedikit pula yang sedari taman kanak-kanak sudah menyekolahkan anaknya di sekolah berkualitas yang merogoh kocek ratusan juta.

Bahkan, menurut Joice Tauris Santi, Certified Financial Planner dan Jurnalis Kontan.id, dalam siniar CUAN bertajuk “Cara Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak” dengan tautan akses dik.si/CUANBiayaAnak, biaya pendidikan termasuk ke dalam perencanaan keuangan yang harus dipenuhi selain dana pensiun.

Itu sebabnya, Joice juga sudah menyiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. Lantas, bagaimana langkah-langkah yang Joice lakukan untuk mempersiapkannya?

Berawal dari Reksadana

Bagi Joice, investasi adalah kunci utama untuk membantu perencanaan keuangannya dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak. Sejak sebelum menikah, ia sudah mencoba berbagai jenis investasi. Salah satunya adalah reksadana.

Baca Juga: Vintage Music Store: Hasilkan Cuan dari Alat Musik Lama

Menurutnya, reksadana adalah instrumen yang paling sederhana sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang masih belum mempunyai tujuan spesifik. Namun, itu semua berubah ketika ia mempunyai anak.

“Nah, pas udah menikah dan anak udah umur satu tahun aku mulai melek soal finance. Soalnya, udah ada yang perlu disiapin buat anak. Reksadana itu jadinya buat aku hasilnya sudah tidak memberi harapan karena hasilnya kecil dibandingkan kebutuhan aku,” ujarnya.

Baru setelah itu, Joice pun mulai mencoba berinvestasi ke saham-saham blue chip yang memiliki pergerakan lebih stabil tapi tetap memberikan hasil yang signifikan.

Sesuaikan dengan Jenjang Pendidikan Anak

Untuk mengatur biaya pendidikan sang anak, Joice mengaku pemasukannya dengan suami masih mampu membiayai pendidikan anaknya hingga SMA. Akan tetapi, hal ini berbanding terbalik jika membicarakan seputar dana kuliah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x