Kompas TV tekno internet

Cara Melacak Smartphone Hilang Melalui Fitur Find My Device

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 18:30 WIB
cara-melacak-smartphone-hilang-melalui-fitur-find-my-device
Ilustrasi memegang handphone. (Sumber: Paxel/Daria)
Penulis : Rizky Rahmansyah | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kehilangan smartphone kerap menjadi permasalahan umum yang cukup memusingkan pengguna. Fitur Find My Device dapat dimanfaatkan pengguna untuk melacak smartphone hilang.

Kekhawatiran akan risiko pencurian data pribadi jika smartphone hilang sangat berpotensi terjadi. Apalagi jika terdapat data penting yang tersimpan dalam Handphone (HP) tersebut.

Mengingat, smartphone sangat mungkin ditemukan dan digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Terlepas dari kekhawatiran yang dirasakan pengguna, smartphone yang hilang dapat dilacak melalui fitur Find My Device yang sebelumnya telah terpasang di HP.

Fitur Find My Device dapat melacak lokasi terakhir smartphone menggunakan Google Maps sehingga dapat membantu pengguna menemukannya. 

Lantas, bagaimana cara melacak smartphone yang hilang melalui fitur Find My Device?

Pertama, pengguna dapat mengakses situs web Find My Device melalui tautan https://www.google.com/android/find. Selanjutnya, log in ke akun Google yang terhubung pada smartphone.

Pilih smartphone yang ingin dilacak. Lalu, pengguna dapat melihat lokasi smartphone. Lokasi yang ditampilkan akurat jika smartphone masih terhubung dengan internet dan GPS tetap aktif.

Baca Juga: TikTok Hingga Google Dituntut karena Sebabkan Masalah Mental Remaja di AS

Google juga menyediakan tiga fitur pendukung untuk menemukan dan mengamankan smartphone yang hilang. 

Pertama adalah fitur Play Sound, smartphone yang hilang dapat berdering selama 5 menit meskipun HP sedang dalam mode senyap.

Kedua fitur Secure Device, fitur ini memungkinkan pengguna mengunci smartphone dengan PIN, pola atau sandi dari jarak jauh (remote). 

Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan pesan dan nomor telepon untuk membantu seseorang yang ingin mengembalikan smartphone yang hilang.

Ketiga fitur Erase Device. Fitur ini membantu pengguna untuk menghapus semua data di smartphone yang hilang secara permanen. Fitur ini bisa digunakan jika pengguna yakin smartphone tidak dapat ditemukan. 

Tujuannya, agar orang lain yang menemukan smartphone tidak bisa mendapatkan data pengguna.

Baca Juga: Tergeser Smartphone, Apple Resmi Hentikan iPod Setelah 20 Tahun Rilis


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x