Kompas TV regional berita daerah

Belasan Rumah di Rembang Rusak Akibat Pergerakan Tanah

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 13:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 14 rumah warga di Desa Sumberejo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mengalami kerusakan cukup parah akibat pergerakan tanah. Bangunan rumah terlihat miring dan mengalami retak-retak yang membuat warga khawatir jika sewaktu-waktu rumah yang mereka tinggali akan semakin rusak parah. Kondisi ini membuat sebagian warga terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya yang dianggap lebih aman.

Kerusakan belasan rumah warga ini disebabkan oleh kondisi tanah yang labil karena berada di bantaran sungai. Warga khawatir tanah longsor semakin meluas, mengingat intensitas hujan yang masih tinggi.

“Hujan deras menjadikan tanah bergerak sehingga tidak mampu menahan beban rumah,”ujar Riyanto, warga Desa Sumberejo.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberejo, Slamet Mulyono menjelaskan, awalnya hanya terdapat tiga rumah yang mengalami kerusakan akibat pergerakan tanah, namun pergerakan tanah ini semakin meluas dan merusak belasan rumah.

“Pertama hanya tiga rumah yang mengalami kerusakan dengan kondisi dua rumah roboh dan satu amblas,”kata Slamet Mulyono.

Warga berharap agar Pemerintah Kabupaten Rembang memberikan solusi bagi mereka atau merelokasi mereka ke tempat yang lebih aman. Pasalnya, kondisi rumah warga saat ini sudah tidak layak untuk ditempati.

#longsor #pergerakantanah #rembang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.