Kompas TV nasional politik

Megawati Awali Pidato HUT Ke-50 PDIP dengan Ajarkan Cara Salam Pancasila: Semua Berdiri Dulu!

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 14:40 WIB
megawati-awali-pidato-hut-ke-50-pdip-dengan-ajarkan-cara-salam-pancasila-semua-berdiri-dulu
Ketum PDIP, Megawati Soekarno Putri saat mengajak kader melantangkan Salam Pancasila di Hut ke-50 PDIP hari ini, Selasa (10/12/2022) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengawali pidato acara HUT ke-50 PDIP dengan mengajarkan salam Pancasila kepada kader partai.

"Saya minta, semua berdiri dulu, ini ada salam baru, selain merdeka-merdeka," kata Megawati di Hall A, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023) dipantau dari program Breaking News, Kompas TV.

Ia lantas menjelaskan cara melakukan salam Pancasila di depan sekitar sepuluh ribu kader PDIP dan tamu undangan.

"Ini ada salam, kalau ibu bilang 'Salam Pancasila' baru kamu bilang 'Salam Pancasila' lalu 'Merdeka, merdeka, merdeka!' kata Presiden ke-5 RI itu.

Anak dari Presiden Soekarno itu mengaku ingin mengenalkan salam Pancasila kepada para kader PDIP karena ia diberi jabatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

Baca Juga: Ribuan Pasukan Cakra Buana Pakai Caping di Acara HUT Ke-50 PDIP, Komando: Tunjukkan Siapa Kita!

"Ini menurut ibu paling berat, karena ketika saya mau dilantik Pak Jokowi, tawar-menawar dulu. Karena saya bilang, 'Pak ini meskipun tempatnya di badan, tapi ada nama ideologi Pancasila ini perjuangan luar biasa'," ungkap Megawati. 

"Makanya saya minta sekali, bapak (Jokowi) mesti dukung saya, karena saya hanya, sebagai ketua Dewan Pembina, karena kita sudah punya ideologi Pancasila," tuturnya.

Megawati lantas mengatakan bahwa dalam perayaan HUT PDIP itu ada 10 ribu orang yang hadir di dalam Hall A JIExpo. Sementara di luar, ada 7 ribu pasukan Satgas Cakra Buana.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga hadir dalam perayaan Emas PDIP itu.

Hari ini, PDIP merayakan HUT ke-50 sebagai bagian konsolidasi partai dalam rangka pemenangan pemilu. 

Parpol berlambang Banteng moncong putih itu mengusung tema Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam dengan subtema Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya dalam perayaan HUT ke-50.

Baca Juga: Ribuan Pasukan Cakra Buana Pakai Caping di Acara HUT Ke-50 PDIP, Komando: Tunjukkan Siapa Kita!


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x