Kompas TV nasional rumah pemilu

Megawati Dinilai Dapat 3 Keuntungan jika Umumkan Capres Hari Ini, Puan Santai dan Fokus Kerja

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 09:56 WIB
megawati-dinilai-dapat-3-keuntungan-jika-umumkan-capres-hari-ini-puan-santai-dan-fokus-kerja
Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Sumber: KOMPAS/ALIF ICHWAN)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketum PDIP, Megawati Soekarno Putri, disebut bakal memiliki keuntungan besar jika umumkan capres bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-50 PDIP, hari ni Selasa (10/1/2023).

Peneliti pada Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati, menyebut, hari ini merupakan waktu ideal bagi PDIP dan Megawati lantaran masa pendaftaran capres-cawapres akan dimulai pada 19 Oktober atau sembilan bulan lagi.

Wasisto bahkan menyebut, kemungkinannya bisa 70 persen hari ini akan dimumumkan terkait capres-cawapres PDIP di pemilu 2024. 

Keuntungan itu, kata Wasisto, pertama PDI-P mempunyai peluang untuk membentuk poros tersendiri, terlebih apabila capres yang diusung adalah figur populer.

Kedua, PDI-P sudah bisa bergerak cepat menggerakkan mesin partainya untuk pemenangan Pilpres dan Pemilu 2024.

"Keuntungan ketiga, calon yang diumumkan bisa memecah popularitas dari calon-calon populer yang ada sekarang," tutur Wasisto, Senin (9/1/2023) dilansir Kompas.id


 

Wasisto menilai, manuver dari PDI-P dalam pencapresan selalu dinantikan oleh parpol lain, dan disebut bisa mengubah koalisi kemenangan. 

Baca Juga: Pengamat Jelaskan 2 Hal Ini yang Bikin Ketum PDIP Megawati Bisa Jadi Maju Kembali sebagai Capres

Puan Santai, Sebut Hanya Fokus Kerja 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani sendiri yang disebut-sebut sebagai calon yang bakal diumumkan hari ini selain Gubernur Jawa Tengah, Puan Maharani, bersikap santai. 



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x