Kompas TV regional update

Update Gempa Maluku: BNPB Ungkap Belum Ada Laporan Korban Jiwa, tapi Sejumlah Bangunan Rusak

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 09:52 WIB
update-gempa-maluku-bnpb-ungkap-belum-ada-laporan-korban-jiwa-tapi-sejumlah-bangunan-rusak
Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari, Selasa (10/1/2023) di program Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

MALUKU, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan, belum ada laporan korban jiwa atas gempa yang terjadi di Maluku, Selasa (10/1/2023).

Tapi,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku melaporkan bahwa sejumlah bangunan rusak cukup parah di Desa Watuwey (Watuwei), Kecamatan Dawelor Dawera, Maluku Barat Daya.

"Hingga saat ini belum ada laporan resmi (jumlah korban -red) yang kami terima, tapi kami sudah menerima laporan visual dari masyarakat dan rekan-rekan BPBD Provinsi Maluku yang menggambarkan kerusakan di desa Watuwei, Kepulauan Tanimbar," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari, Selasa (10/1) di program Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV.

Muhari mengatakan sejumlah bangunan rumah serta pagar sekolah tampak roboh akibat guncangan gempa magnitudo 7,5 itu.

"Ada beberapa bangunan rumah yang dindingnya atau atapnya roboh karena bangunan memang tidak ditopang oleh konstruksi yang cukup baik, sehingga efek guncangannya cukup terasa dan merusak bagian-bagian struktur rumah," ujar Muhari.

Baca Juga: Gempa Maluku Terasa di Fakfak Papua Barat, Warga Berhamburan Jauhi Pantai saat Kondisi Gelap Gulita

Ia mengatakan, letak pusat gempa atau episenter yang dekat dengan wilayah itu membuat guncangan terasa hingga skala 5 MMB. Namun, hal itu tidak serta-merta menimbulkan kerusakan secara signifikan.

"Meskipun ada laporan visual yang disampaikan masyarakat, tapi hingga saat ini kami belum menerima laporan korban jiwa," jelas Muhari.

Hingga Selasa (10/1) pagi sekitar pukul 07.30 WIB, BNPB masih menunggu laporan lapangan dari BPBD, khususnya terkait Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, rilis resmi BNPB menunjukkan sejumlah rumah warga rusak.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x