Kompas TV nasional hukum

Anggapan Ricky Rizal, Ferdy Sambo Tidak Punya Keinginan Menembak Yosua Tanpa Tahu Masalahnya Apa

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 18:06 WIB
anggapan-ricky-rizal-ferdy-sambo-tidak-punya-keinginan-menembak-yosua-tanpa-tahu-masalahnya-apa
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ricky Rizal menjalani persidangan. (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Terdakwa Ricky Rizal Wibowo menganggap, Ferdy Sambo tidak punya keinginan untuk serta merta menembak Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat tanpa tahu masalahnya apa.

Pernyataan itu disampaikan Ricky Rizal Wibowo dalam sidang dengan agenda pemeriksaan dirinya sebagai terdakwa di Pengadillan Negeri Jakarta Selatan, Senin (9/1/2023).

“Saya tidak pernah berpikiran bahwa Bapak Ferdy Sambo punya keinginan untuk menembak, serta merta menembak, tidak ada dalam pemikiran saya bahwa Pak Ferdy Sambo itu serta merta langsung menembak orang tanpa tahu masalahnya apa,” ucap Ricky Rizal Wibowo.

Bahkan, kata Ricky Rizal, sepanjang dirinya menjadi anak buah Ferdy Sambo, suami dari Putri Candrawathi tersebut tidak pernah memarahinya untuk perihal yang tidak jelas.

“Selama ini juga bapak Ferdy sambo tidak pernah tiba-tiba menggampar kami atau memarahi kami tanpa alasan yang jelas seperti itu,” ujar Ricky Rizal.

Baca Juga: Alasan Ricky Rizal Hancurkan Handphone Pribadinya: Karena Mau Disita Penyidik

Mendengar keterangan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) kemudian mengingatkan fakta persidangan bahwa Ferdy Sambo sudah mengungkapkan perasaan kepada Ricky Rizal terkait dugaan pelecehan yang dilakukan Yosua terhadap istrinya.

Dalam sidang, Jaksa pun bertanya bagaimana insting Ricky Rizal sebagai anggota Polri saat mengetahui Putri Candrawathi satu mobil dengan Yosua yang diduga telah melecehkannya.

“Di dalam pikiran saudara, seorang istri yang sudah dilecehkan, bahkan suaminya dengan begitu emosional, ya kan, dengan begitu bencinya dengan Yosua, bahkan meminta untuk memerintah untuk ditembak Yosua, terus kemudian kok diajak isolasi, dibenak saudara sebagai seorang anggota polisi itu apa?” tanya Jaksa.

Atas pertanyaan Jaksa, Ricky menuturkan Ferdy Sambo tidak pernah memerintahkan dirinya untuk menembak Yosua.

Sepemahaman Ricky, Ferdy Sambo hanya ingin melakukan klarifikasi atas cerita yang telah disampaikan Putri Candrawathi bahwa Yosua diduga telah melakukan pelecehan.

Baca Juga: Kata Ferdy Sambo Sebelum Beri Rp500 Juta ke Ricky, Richard Eliezer, dan Kuat: Apa Sesuai Skenario

“Yang pertama saya tekan kan lagi bahwa ke Bapak (Ferdy Sambo) tidak memerintahkan saya untuk menembak Pak, yang saya pahami adalah Bapak mau memanggil Yosua,” jelas Ricky Rizal.

“Yang kedua Bapak memang menjelaskan bahwa ibu menyampaikan telah dilecehkan oleh Yosua dan saya tidak mengetahui apa bentuk pelecehan yang dimaksud oleh Bapak,” lanjut Ricky.

Tiba-tiba, Hakim Wahyu Iman Santoso meminta Jaksa untuk memberikan respons atas pernyataan Ricky Rizal melalui surat tuntutan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x