Kompas TV olahraga sepak bola

Vietnam vs Indonesia Malam Ini, Pengamat: Imbang di GBK, Merah Putih Justru Diuntungkan!

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 17:31 WIB
vietnam-vs-indonesia-malam-ini-pengamat-imbang-di-gbk-merah-putih-justru-diuntungkan
Pesepak bola Timnas Indonesia, Pratama Arhan (kiri), berlatih bersama rekan-rekannya jelang pertandingan leg 2 babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (8/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia justru diuntungkan dengan hasil imbang 0-0 dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023) lalu, jelang laga leg kedua lawan Vietnam, Senin (9/1/2023) malam ini

Hal itu diungkapkan pengamat sepak bola, Erwin Fitriansyah. Dia menyorot faktor agresivitas gol tandang yang dipakai pada turnamen kali ini.

Pertandingan Vietnam vs Indonesia sendiri akan dilangsungkan di Stadion My Dinh, Hanoi, pukul 19.30 WIB malam ini.

Baca Juga: Link Live Streaming Vietnam vs Indonesia Piala AFF 2022, Gratis!

Menurut Erwin, kans anak asuh Shin Tae-yong lolos ke final tetap terbuka. Dengan hitungan gol tandang, skuad Merah Putih pun akan lolos jika ditahan imbang tetapi sukses mencetak gol ke gawang Vietnam.

"Kalau Indonesia mencetak satu gol, mereka (Vietnam) terbebani harus mencetak dua gol untuk lolos ke final. Jadi ini tricky sebetulnya," kata Erwin dalam program Kompas Petang Kompas TV, Senin.

Erwin pun berharap lini serang Indonesia akan menunjukkan tajinya dalam pertandingan leg kedua semifinal. Sepanjang turnamen AFF, Erwin menilai masih ada PR di lini depan Indonesia.

"Di leg kedua ini sebetulnya ujian bagi lini depan, apakah bisa mencetak gol atau enggak,” kata Erwin.

Di lain sisi, dia menyebut formasi 3-4-3 yang diturunkan Shin Tae-yong pada leg pertama lalu telah menunjukkan efektivitas.

Ia menilai keseimbangan yang ditopang trio bek Jordi Amat, Fachrudin, dan Rizky Ridho sukses meredam agresivitas Vietnam.

Meskipun demikian, ia mengingatkan kans permainan provokatif yang berpeluang diperagakan Vietnam di Hanoi.

Menurut Erwin, Pratama Arhan dan kawan-kawan mesti kuat mental bermain di hadapan suporter tuan rumah yang fanatik.

Timnas Vietnam sendiri belum pernah kalah dari Indonesia ketika Park Hang-seo duduk di kursi pelatih. Hal ini pun disebut Erwin menjadi pertaruhan personal Shin Tae-yong untuk mengalahkan kompatriotnya tersebut.

Lebih lanjut, kemenangan Malaysia atas Thailand pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 dapat menjadi motivasi bagi Indonesia.

Pasalnya, beberapa tahun belakangan, Thailand dan Vietnam disebut menguasai persepakbolaan Asia Tenggara.

Baca Juga: Prediksi Piala AFF Vietnam Vs Indonesia: Jordi Amat Jadi Sorotan Lini Depan Vietnam


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.