Kompas TV regional berita daerah

Harga Kedelai Naik, Produksi Tahu Berkurang dan Harga Jual Naik

Kompas.tv - 9 Januari 2023, 11:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SRAGEN, KOMPAS.TV - Sekitar 70 perajin tahu di Teguhan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah memilih untuk mengurangi jumlah produksi tahu akibat mahalnya harga kedelai impor. Sebelumnya, perajin tahu bisa memproduksi hingga  250  kilogram  tiap harinya, namun kini hanya  bisa  memproduksi 150 kilogram saja.

Selain itu ada pula perajin tahu yang menyiasati hal tersebut dengan cara lain yakni menaikkan harga jual sebesar Rp 500 dari harga sebelumnya. Cara lainnya, perajin menjual tahu dengan harga yang sama namun membuat ukuran tahu lebih kecil.

Harga kedelai impor saat ini mencapai Rp 14.000 per kilogramnya, sebelumnya harga kedelai impor hanya berkisar Rp 13.000 per kilogram.

“Saya naikkan 500 kemudian ada pembeli yang minta diperkecil saja, untuk strateginya tergantung pembeli maunya seperti apa,“ kata Heru, perajin tahu.

Para perajin tahu terus memutar otak agar usahanya tidak gulung tikar, mereka berharap pemerintah segera turun tangan mengatasi kenaikan harga kedelai impor.

#kedelai #impor #sragen



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.